MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

8 Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

8 Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan
Add Comments
9/29/2019


Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang 8 Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Berikut ini adalah delapan bahaya sinar matahari untuk kulit:
1.        Penuaan Dini
Sinar matahari dapat merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit). Akibatnya, kulit akan tampak keriput, kendur, dan pori-pori jadi membesar.

2.        Resiko Kanker Kulit

Types of Skin Cancer

Dilansir dari The Skin Cancer Foundation, menurut Darrell Rigel, profesor dermatologi klinis di New York University Langone Medical Center, satu orang Amerika meninggal dunia setiap jam akibat kanker kulit. 

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merusak materi genetik pada sel kulit. Kerusakan ini bisa menyebabkan pertumbuhan kulit jadi tidak terkendali sehingga berakibat kanker kulit.

3.        Kulit Terbakar

Kulit Terbakar Sinar Matahari

Akibat lain dari paparan sinar matahari berlebihan adalah potensi kerusakan kulit yang ditandai dengan berubahnya pigmen kulit. Warna kulit jadi kemerahan bahkan terlihat berwarna coklat terbakar. Radiasi ultraviolet yang mengenai kulit sangat berpotensi memicu reaksi inflamasi yang mengancam kesehatan tubuh. 

4.        Gangguan Mata

Gangguan Mata akibat Bahaya Sinar Matahari

Sinar ultraviolet bisa merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yakni bagian retina di bagian belakang mata. Dalam jangka panjang, radiasi sinar matahari ini bisa menyebabkan katarak.

Menurut studi dari New England College of Optometry 2009, anak-anak yang lebih sering keluar rumah cenderung terkena miopia atau rabun dekat.

5.        Menyebabkan Sakit Kepala
Dilansir dari Health.com, untuk seorang yang punya riwayat migrain, sinar matahari yang berkedip-kedip akibat sinar matahari yang menerobos pepohonan dapat memicu sakit kepala. Sakit kepala akibat sinar matahari juga bisa disebabkan karena kelelahan dan dehidrasi. 

6.        Alergi Sinar Matahari
Masih dilansir dari Health.com, meski sangat langka, ada sebagian orang yang merasa gatal-gatal, rasa terbakar dan sakit yang menyiksa setelah terpapar sinar matahari. Kondisi ini disebut sebagai alergi terhadap matahari atau protoporphyria erythropoietic.

Penyakit tersebut dapat diobati dengan obat afamelanotide. Obat tersebut bekerja dengan cara merangsang produksi melanin atau pigmen pemberi warna kulit. 

7.        Menurunkan Sistem Imun

Sistem Imun Tubuh Manusia

Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu sering akan memicu lepasnya bahan kimia aktif yang akan mengganggu kerja sistem imun tubuh. Akibatnya, kemampuan imun untuk menghalau masuknya infeksi pun melemah.

8.        Membuat Udara di Daerah Perkotaan Menjadi Semakin Kotor

Udara Beijing China Paling Kotor di Dunia

Dilansir dari American Chemical Society 2015, hal itu disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) yang memicu pelepasan bahan kimia pada udara yang tercemar dan kotoran yang menempel di bangunan. Polusi udara pun sering dikaitkan dengan asma, risiko stroke dan sakit jantung. 


Untuk menghindari bahaya sinar matahari berlebih ikuti beberapa tips berikut:
1.        Hindari paparan sinar matahari antara pukul 10:00-14:00 dan ingat untuk selalu menggunakan pelembab kulit dengan SPF minimal 24 sebelum beraktivitas di luar ruangan.
2.        Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan payung atau pakaian. Hindari juga pakaian berwarna gelap saat berada di luar ruangan karena warna gelap dapat menyerap sinar matahari.
3.        Untuk melindungi mata, gunakan kacamata dengan proteksi terhadap sinar ultraviolet 99-100%.


Demikian Artikel mengenai 8 Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.