MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Menemukan Tujuan Hidup dengan Mencari Tahu Maksud dan Tujuan Allah Menciptakan Tiap Manusia di Dunia

Menemukan Tujuan Hidup dengan Mencari Tahu Maksud dan Tujuan Allah Menciptakan Tiap Manusia di Dunia
Add Comments
9/16/2019


Tujuan Hidup Manusia

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan membahas mengenai Cara Mengatasi Rasa Jenuh, Bosan atau Bingung dengan Menemukan Tujuan Hidup Sebenarnya pada Tiap diri Manusia dengan Mencari tau Apa Maksud dan Tujuan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Menciptakan tiap Manusia di Dunia yang Fana ini. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...


Dalam kehidupan manusia, rasa jenuh akan datang kepada kita tanpa diundang, Jenuh tak bisa kita hindari datangnya. Kejenuhan biasanya terjadi tatkala kita melakukan kegiatan yang monoton atau kita hanya memberikan makanan kepada otak kita tetapi tidak kepada Batin kita. Tiap Orang melakukan kegiatan yang berbeda-beda dalam mengusir rasa jenuh, ada yang dengan mendengarkan musik, nonton film, pergi ke pantai, tempat wisata, ke diskotik dan lain sebagainya. Tapi semua cara ini adalah cara mengatasi kejenuhan yang bersifat sementara.

Dalam agama islam sebenarnya sudah banyak contoh dan cara dalam mengatasi kejenuhan. Al quran yang merupakan wahyu Allah merupakan salah satu sarana dalam mengatasi kejenuhan hidup. beberapa penelitian sudah dialakukan dalam rangka menguji efektifitas Al quran dalam mengatasi kejenuhan. dari penelitian tesebut terungkap kemanjuran Al quran dalam membantu mengatasi kejenuhan manusia.

Kalo kita bahas lebih lanjut mengapa? jawabanya karena manusia adalah ciptaan Allah. Allah pasti tahu betul apa yang terbaik buat ciptaanya itu. seperti sebuah perusahaan penghasil sesuatu pasti perusahaan tersebut tahu betul akan apa yang terbaik buat barang produksinya. Oleh karena itu Al quran lah jawaban buat kejenuhan kita. Coba baca atau dengarkan Al quran ketika kita jenuh, insya Allah kejenuhan itu akan terobati. karena Al quran adalah kalamullah.

Membahas lebih jauh lagi tentang Jenuh, sebenarnya Rasa Jenuh yang Akut Bisa jadi Karena Seseorang Bingung tentang hal apa yang sebenarnya harus dilakukan pada kehidupan di Dunia yang Fana ini. Mungkin dalam hati kita sering bertanya-tanya Apa Sebenarnya Tujuan Hidup kita di Dunia ini ? dan Apa yang harus kita lakukan di Dunia ini Sehingga kita Tidak Jenuh ? serta Apa Maksud dan Tujuan Allah Menciptakan diri kita di Dunia ini ?. Pasti ada Maksud dan Tujuan Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan tiap Manusia selain untuk Beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang menjadi Kewajiban Umat Manusia agar Mendapat Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Masuk kedalam Syurga-nya.  Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak Menciptakan dan Menakdirkan sesuatu hal tanpa ada Maksud dan Tujuannya, Sebagaimana dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:


أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوا فِي أَنفُسِهِمْ مَا خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُّسَمًّى وَإِنَّ كَثِيرًا مِّنَ النَّاسِ بِلِقَاء رَبِّهِمْ لَكَافِرُونَ ﴿٨﴾

Artinya:

“Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya.” (Q.S Ar-Ruum [30]: 8)


وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاء وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لَاعِبِينَ ﴿١٦﴾

Artinya:

“Dan tidaklah Kami ciptakan Iangit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main.” (Q.S Al Anbiyaa’ [21]: 16)


وَخَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ وَلِتُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ ﴿٢٢﴾

Artinya:

“Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan.” (Q.S Al-Jaatsiyah [45]: 22)


مَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَجَلٍ مُّسَمًّى وَالَّذِينَ كَفَرُوا عَمَّا أُنذِرُوا مُعْرِضُونَ ﴿٣﴾

Artinya:

“Kami tiada menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya melainkan dengan (tujuan) yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Dan orang-orang yang kafir berpaling dari apa yang diperingatkan kepada mereka.” (Q.S Al-Ahqaaf [46]: 3)


Dari ayat diatas menunjukkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan Langit dan Bumi serta apa yang ada di antara keduanya (termaksuk Mahluk-mahluknya) melainkan dengan Tujuan yang benar dan dalam waktu yang ditentukan. Untuk itu kita Sebagai Umat Islam yang Beriman harus berusaha menemukan Tujuan Hidup kita di Dunia ini, dengan Mengevaluasi diri dan mengamati Takdir kita (Sifat/Watak, Kejadian/Kisah dan Skill) yang telah terjadi dan kita miliki dalam Hidup kita, kita kemudian mencari jawaban Apa Maksud Allah Subhanahu Wa Ta'ala Menakdirkan (Sifat/Watak, Kejadian/Kisah dan Skill) terjadi pada kita Karena Pasti ada Maksudnya dan yang menafsirkan Maksud Allah tersebut adalah diri kita sendiri, Kemudian setelah menemukan jawabannya kita menarik Kesimpulan dari Tafsiran Takdir Tersebut dan mulai menentukan Tujuan Hidup kita yang Sesungguhnya.

Hanya anda yang lebih tau mengenai Sifat/Watak, Kejadian/Kisah dan Skill anda selama ini, maka mulailah menganalisis semua itu, cari hikmah dari semuanya dan TENTUKAN TUJUAN HIDUP anda !!!.


Dengan menemukan Tujuan Hidup InsyaAllah kita tidak akan Jenuh, Bosan atau Bingung lagi tentang Hal Apa yang harus kita Lakukan di Dunia ini.


Demikian Artikel mengenai Menemukan Tujuan Hidup dengan Mencari tau Maksud dan Tujuan Allah Menciptakan Tiap Manusia di Dunia, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.