MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Batuan Beku, Batuan Sedimen dan Batuan Metamorf

Penjelasan Lengkap Batuan Beku, Batuan Sedimen dan Batuan Metamorf
Add Comments
10/27/2019


The Rock Cycle

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan membahas tentang Batuan Beku, Batuan Sedimen dan Batuan Metamorf. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

BATUAN BEKU

Batuan Beku

Batuan beku adalah bebatuan yang merupakan hasil pembekuan dari batuan cair yang sangat panas di dalam perut bumi (magma) dan lava. Berdasarkan proses terbentuknya, batuan beku diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu (a) Batuan dalam, batuan yang membeku di dalam secara lambat (b) Batuan korok, batuan yang membeku di daerah korok (c) Batuan leleran, batuan yang membeku di permukaan bumi secara tiba-tiba.

Jenis batuan beku biasanya akan keluar sampai permukaan bumi, ketika proses vulkanisme berlangsung. Pada saat itu, gunung memuntahkan material – material yang salah satunya merupakan bebatuan. Ada beberapa contoh bebeatuan beku yang dapat kita lihat, di antaranya adalah:
1.        Batu Apung 
Batu apung terbentuk dari pembekuan gelembung – gelembung magma yang berbentuk gas. Batu ini berwarna keabu – abuan dan memiliki pori – pori di seluruh permukaannya. Selain itu, batu ini juga mengapung karena beratnya yang ringan. Pada umumnya batu apung digunakan dalam bidang industry atau rumah tangga sebagai alat penggosok panci.

2.        Batu Obsidian
Batu obisidian adalah batu yang terbentuk dari magma yang telah mencapai permukaan (lava) yang membeku dengan sangat cepat. Batu ini berwarna hitam dan bening seperti kaca. Batu obisidian sering digunakan sebagai mata tombak, panah dan alat pemotong pada masa purba kala.

3.        Batu Granit
Batuan granit terbentuk dari magma yang mendingin secara lambat di bawah permukaan bumi. Batu ini tersusun dari Kristal – Kristal yang berwarna putih, abu – abu, dan jingga. Batu granit digunakan untuk keperluan bahan bangunan.

4.        Batu Basalt
Batuan basalt terbentuk dari lava yang kandungan gasnya telah menguap. Batuan ini memiliki permukaan yang berongga dan tersusun atas Kristal berwarna hijau keabu – abuan. Batuan basalt dimanfaatkan sebagai bahan baku industri poles, bahan bangunan, dan lain – lain. 

5.        Batu Diorit
Diorit adalah batuan hasil dari peleburan lantai samudra. Batuan ini berwarna putih yang bercampur dengan warna kelabu atau hitam. Diorit digunakan sebagai ornamaen pada dinding maupun lantai.

6.        Batu Andesit
Batu andesit terbentuk dari hasil lelehan lava. Batuan ini memiliki tekstur yang halus dan berwarna merah, jingga, abu – abu dan hijau. Batu ini dimanfaatkan sebagai batu nisan, cobek, arca, patung, dan lain – lain.

7.        Batu Gabro
Gabro hasil dari magma yang membeku di dalam gunung. Batu ini memiliki warna hitam dan abu – abu. Struktur batuan gabo tidak memiliki rongga ataupun retakan – retakan. Batu ini dimanfaatkan sebagai pelapis dinding.


BATUAN SEDIMEN

Batuan Sedimen

Batuan endapan atau sedimen adalah jenis batuan yang terbentuk dari hasil endapan atau pelapukan yang kemudian mengeras menjadi batu. Ada beberapa contoh batuan endapan atau sedimen yang bisa kita temukan, di antaranya adalah:
1.        Konglomerat
Batu ini terbentuk dari bahan – bahan yang terlepas dari batuan lain karena beratnya, yang kemudian saling terpadatkan. Batu konglomerat terdiri dari batu, pasir yang merekat satu sama lain. Batu ini digunakan untuk bahan bangunan.

2.        Batu Pasir
Batuan pasir terbentuk dari material – material yang terlepas karena berat, kemudian saling mengikat dan menjadi padat. Batu ini berwarna merah, kuning, dan abu – abu. Batu pasir dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan gelas kaca.

3.        Batu Serpih
Batu serpih memiliki warna hijua, kuning atau merah dan memiliki struktur yang lunak seperti tanah liat. Batu ini digunakan untuk bahan bangunan.

4.        Batu Gamping (Kapur)
Batu gamping terbentuk dari cangkang – cangkang binatang seperti kerang, umang – umang, dan sebagainya yang telah mati. Cangkang tersebut memadat menjadi batu. Batuan ini berwarna putih, dan lunak. Pada umumnya batuan ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku semen.

5.        Breksi
Breksa adalah batu yang terbentuk dari bahan yang telempar ke udara kemudian jatuh dan mengendap di suatu tempat. Batuan ini dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dan bangunan.

6.        Stalaktit dan Stalagmit
Batuan jenis ini terbentuk di dalam gua dan hasil dari air laut yang merembes masuk ke lubang – lubang gua. Batu stalaktit dan stalagmit memiliki permukaan yang runcing dan berwarna kuning, krem, putih atau keemasan.

7.        Batu Lempung
Batu Lempung adalah batu yang terbentuk dari proses pelapukan batuan – batuan beku. Batu ini berwarna coklat, keemasan, abu – abu atau merah. Batuan lempung sering dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan.


BATUAN METAMORFT

Batuan Metamorf

Batuan metamorf adalah batuan – batuan yang berasal dari batuna beku dan sedimen yang telah mengalami perubahan baik secara fisik maupun kimiawi. Contoh bebatuan metamorf adalah:
1.        Batu Pualam
Batu pualam terbentuk dari batuan kapur akibat dari suhu yang sangat tinggi. Batuan ini memiliki kiristal – Kristal yang kasar dan beraneka warna. Biasanya batu ini digunakan untuk pembuatan ubin dan marmer.

2.        Batuan Sabak
Batu Sabak berasal dari batuan serpih yang terkena tekanan dan suhu yang tinggi. Batuan sabak berwarna abu – abu, dan hitam. Batu ini dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan pembuatan genteng.

3.        Gneiss (Ganes)
Batu ini terbentuk dari batuan sedimen atau beku yang terpendam dan terkena temperature dan tekanan yang sangat tinggi. Batu ini berwarna putih yang terdiri dari butiran – butiran mineral dan digunakan sebagai bahan baku kerajinan.

4.        Sekis dan Karsit
Batu Sekis berwarna hitam, dan ungu. Batuan ini sering digunakan sebagai bahan sumber mika. Sedangkan kuarsit berwarna abu – abu, dan merah. Batuan ini sering digunakan sebagai bahan baaku kerajinan dan bangunan.

5.        Milonit
Batuan milonit terbentuk dari hasil rekrikstalisasi mineral pada batu – batuan. Milonit berwarna hitam, coklat dan biru. Batuan milonit digunakan sebagai bahan baku kerajinan.


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Batuan Beku, Batuan Sedimen dan Batuan Metamorf, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.