MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Energi Surya atau Solar (Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Solar Home System)

Penjelasan Lengkap Energi Surya atau Solar (Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Solar Home System)
Add Comments
10/22/2019


 Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Solar Home System)

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan membahas mengenai Penjelasan Lengkap Energi Surya atau Solar (Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Solar Home System). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Energi merupakan kebutuhan utama sepanjang peradaban umat manusia. Peningkatan kebutuhan energi dapat menjadi indikator peningkatan kemakmuran, namun pada saat yang sama menimbulkan masalah dalam usaha penyediaannya. Dengan kian menipisnya cadangan minyak bumi di Indonesia, pemanfaatan energi alternatif nonfosil harus ditingkatkan. Ada beberapa energi alam sebagai energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman dan persediaannya tidak terbatas yang dikenal dengan Energi terbarukan. Diantaranya adalah energi surya, angin, gelombang dan perbedaan suhu air laut. Indonesia bebagai negara tropis mempunyai potensi energi surya yang tinggi dengan radiasi harian rata-rata (Insolasi) sebesar 4,5 kWh/m2 per hari (Solarex, 1996).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Potensi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang murah dan tersedia sepanjang tahun. Disamping itu, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menyebabkan masih banyaknya daerah terpencil yang belum terjangkau listrik PLN. Oleh karena itu penerapan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memanfaat-kan potensi energi surya yang tersedia dilokasi-lokasi tersebut merupakan solusi yang tepat. Penerapan teknologi tenaga surya untuk kebutuhan listrik daerah terpencil dapat dilakukan dengan berbagai macam sistem pembangkit listrik tenaga surya, seperti pembangkit listrik hybrida yaitu gabungan antara sumber energi surya dengan sumber energi lainnya, yang paling umum adalah penggabungan energi surya dengan energi mesin diesel atau sumber energi mikrohydro.

Sistem tenaga surya lainnya adalah “Solar Home System” (SHS), yang terdiri dari panel modul surya, baterai, alat pengontrol dan lampu, sistem ini dipasang pada masing-masing rumah dengan modul fotovoltaik dipasang diatas atap rumah. Sistem ini biasanya mempunyai modul fotovoltaik dengan kapasitas daya 50 Wp dimana pada radiasi matahari ratarata harian 4,5 Kwh/m2 akan menghasilkan energi kurang lebih 125 s/d 130 watt-jam. Kendala penerapan SHS adalah harga yang masih relatif mahal untuk masyara-kat terpencil dan miskin. Oleh karena itu perlu ada suatu panduan dalam merancang, menghitung dan memilih komponen yang diperlukan sehingga masyarakat tersebut mampu membayar dan dapat menikmati listrik seperti saudaranya yang sudah menikmati listrik, minimal untuk kebutuhan penerangan.

Solar Home System (SHS)

Dalam tulisan ini, diuraikan cara merancang dan memilih komponen solar home sistem untuk keperluan penerangan rumah sederhana. Sistem PLTS yang cukup besar penerapannya di Indonesia adalah Sistem penerangan rumah secara individual (Solar Home System) dan disingkat SHS. Pemilihan sistem ini dalam penerapannya di pedesaan didasarkan Prosedur Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Perumahan/ Solar Home System (Muhammad Bachtiar) 179 atas kajian pertimbangan faktor-faktor berikut:
1.        Pola pemukiman antara rumah di desa cukup menyebar.
2.        Sulit untuk mendapatkan transportasi darat atau laut.
3.        Belum memerlukan integrasi dengan pembangkit lain.
4.        Modular, dan mudah dikembangkan.
5.        Kapasitas kecil sehingga mudah untuk di instalasi.
6.        Harga terjangkau.
7.        Radiasi matahari sebagai sumber energi mencukupi.
8.        Tidak tergantung terhadap BBM.

PLTS dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam sistem antara lain:
1.        Sistem Listrik Penerangan Rumah, seperti:
·      Sistem sentralisasi
·      Sistem semisentralisasi
·      Sistem desentralisasi
·      Sistem hibrid
2.        Sistem Pompa Air, seperti:
·      Pompa air minum
·      Pompa irigasi
3.        Sistem Kesehatan, seperti:
·      Penyimpan vaksin
·      Penyimpan darah
·      Komunikasi SSB di puskesmas
·      Penerangan puskesmas terpencil
4.        Sistem Komunikasi, seperti:
·      Televisi repeater
·      Radio repeater
·      Komunikasi stasiun kereta api
5.        Sistem Pemnadu Transportasi, seperti:
·      Radio sinyal bandara
·      Penunjuk jalan
·      Persimpangan jalan kereta api
·      Penerangan terowongan
·      Lampu suar untuk navigasi
·      Lampu-lampu rambu.
6.        Sistem Proteksi Karat, seperti:
·      Proteksi katodik untuk jembatan
·      Proteksi Pipa
·      Proteksi struktur baja
7.        Lain-lain, seperti:
·      Lampu penerangan jalan
·      Sistem pencatat gempa
·      Lampu taman
·      Air mancur
·      Kalkulator
·      Arloji
·      Mobil surya

Ada 5 keuntungan pembangkit dengan surya atau solar:
1.        Energi yang digunakan adalah energi yang tersedia secara cuma-Cuma.
2.        Perawatannya mudah dan sederhana.
3.        Tidak terdapat peralatan yang bergerak, sehingga tidak perlu penggantian suku cadang dan penyetelan pada pelumasan.
4.        Peralatan bekerja tanpa suara dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan.


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Energi Surya atau Solar (Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Solar Home System), kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.