MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Deep Water Horizon Accident

Deep Water Horizon Accident
Add Comments
11/17/2019


Deepwater Horizon offshore drilling unit on fire 2010

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Deep Water Horizon Accident. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

DEEP WATER HORIZON
Kebocoran minyak Deep Water Horizon adalah kebocoran minyak yang terjadi di Teluk Meksiko pada 20 april 2010 dan merupakan tumpahan minyak terbesar di lepas pantai. Peristiwa ini menyebabkan kerusakan pada habitat lingkungan karena mempengaruhi habitat binatang laut. Dampak semakin memburuk ketika memasuki minggu kedua selepas ledakan. Karena hewan-hewan laut terancam mati jika minyak tidak di bersihkan.  Pada saat itu, sejumlah gas keluar dari sumur dan meledak, menyebabkan 11 orang pekerja meninggal di tempat. Kemudian sebagian besar pegawai di evakuasi dengan perahu dan helikopter. Tumpahan minyak ini berlangsung selama 57 hari, sebanyak 210 juta galon minyak tumpah ke teluk Meksiko. Pada tanggal 15 juli 2010, kebocoran pada minyak tersebut dihentikan dengan menutup sumber semburan minyak. Meskipunada resiko bahwa pergeseran tekanan yang dapat menimbulkan kebocoran lagi di dasar laut. Setelah 5 tahun berlalu dari kejadian ledakan dan luapan, tumpahan dari minyak masih terlihat di lepas pantai Lousiana.

Blow out dalam proses pengeboran minyak termasuk lazim terjadi. Ada sebuah alat bernama blow out preventer (BOP) yang super besar dan setinggi rumah 3 lantai yang diletakkan di sea bed (permukaan pasir) di tengah-tengah pipa drilling. BOP berfungsi sebagai pemotong pipa dan menghentikan aliran minyak dari dalam bumi, jika terjadi blow out. Kira-kira cara kerjanya seperti gunting. Saat rig meledak dan minyak bocor, BOP entah kenapa tak berfungsi. Ia tak mampu bekerja dan memutus aliran pipa. Hingga kini masih diselidiki penyebab tidak beroperasinya BOP, dan masih diusahakan untuk beroperasi. Bagaimana gas bisa mengalir ke atas rig, terbakar, dan meledakkan rig? Diduga gas menjalar naik ke atas rig tidak melalui pipa, karena pipa sudah selesai drilling dan sudah ditutup.

Gas diduga menjalar naik melalui adukan semen yang memperkuat dudukan dinding luar pipa. Diduga pula gas sudah menjalar naik saat semen dipompa turun, yang artinya adukan semen sudah terkontaminasi gas. Saat rig meledak dan minyak bocor, BOP entah kenapa tak berfungsi. Ia tak mampu bekerja dan memutus aliran pipa. Hingga kini masih diselidiki penyebab tidak beroperasinya BOP, dan masih diusahakan untuk beroperasi. Adukan semen berada di dinding luar pipa.

Belum diketahui pula mengapa respon para teknisi rig terlambat dalam mengantisipasi kadar cairan gas dan ledakan di atas rig. Fungsi dan peralatan monitor Deepwater Horizon terhitung canggih, dan tentunya para teknisi memiliki sertifikat dan pengalaman. Tiga jam adalah waktu yang cukup, meski sangat singkat, untuk dapat mengurangi kemungkinan ledakan.Diduga gas menjalar naik ke atas rig tidak melalui pipa, karena pipa sudah selesai drilling dan sudah ditutup. Gas diduga menjalar naik melalui adukan semen yang memperkuat dudukan dinding luar pipa. Diduga pula gas sudah menjalar naik saat semen dipompa turun, yang artinya adukan semen sudah terkontaminasi gas.

Deepwater Horizon offshore drilling unit on fire 2010

Namun pada saat proses penambangan, terjadi ledakan hingga terbakarnya kilang minyak tersebut. Mike Williams (Mark Wahlberg), salah satu pekerja tambang beserta para pekerja lainnya berusaha menyelamatkan diri dari musibah besar yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya itu. Kapal kilang ini sebenarnya telah telat 43 hari dari jadwal yang penambangan yang ditentukan. Namun keterlambatan tersebut masih ada proses  yang belum diselesaikan. Yaitu pengecekan bantalan semen pada pipa tambangan.Setelah terjadi tragedi yang memilukan tersebut, beberapa agen pemerintah dan swasta termasuk pihak National Wildlife Federation bergegas melakukan penelitian dan hingga kini mereka masih meneliti area bekas tumpahan minyak dan sekitarnya.


Demikian Artikel mengenai Deep Water Horizon Accident, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.