MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

10 Cara Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia

10 Cara Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia
Add Comments
4/28/2020



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai 10 Cara Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia

Ilmuwan nutrisi Dokter Matthew Lantz blaylock, BS, PhD, MP NLP, ACMC, mengatakan pada Hari Kamis (26 October 2017) di Jakarta, Sistem Imun / kekebalan / daya tahan tubuh itu memiliki tiga fungsi utama, yaitu:
1.     Melindungi tubuh dari patogen, bakteri maupun virus
2.     Membantu membersihkan sel yang rusak atau tidak sehat
3.     Menjaga tubuh dari partikel asing seperti polusi dan debu

Sistem Imun / kekebalan / daya tahan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Salah satu penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika sistem imun / kekebalan / daya tahan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus Corona.

Dilansir dari Alo Dokter, Berikut beberapa cara meningkatkan sistem imun / kekebalan / daya tahan tubuh kita:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang
Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Diet seimbang akan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh sistem imun. Penelitian pada orang dewasa tua menunjukkan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran dapat meningkatkan respon antibodi terhadap vaksin Pneumovax yang melindungi tubuh dari serangan Streptococcus pneumonia.

Selain vitamin, mineral dan makanan yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan juga untuk mengkonsumsi diet sehat secara keseluruhan. Menjalani diet seimbang dengan  seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan membantu memastikan tubuh dan sistem imunnya berfungsi secara optimal.

Cobalah sertakan banyak buah dan sayuran, serealia utuh, protein sehat, dan produk olahan susu rendah lemak ke dalam diet Anda. Makanan seperti ini akan memberikan banyak vitamin, mineral, serta antioksidan yang sangat penting bagi sistem imun.

Ingatlah untuk meneliti sebelum membeli suplemen vitamin, mineral, atau herbal apa pun. Suplemen biasanya tidak diregulasi ketat, jadi pastikan untuk membelinya dari produsen terpercaya. Cari ulasan online dari pengguna, maupun informasi lain mengenai produsennya.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh, silahkan baca artikel kami tentang 21 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan-DayaTahan-Sistem Imum Tubuh Manusia


2. Olahraga
Olahraga menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang akan menyerang. Ketika Anda melakukan olahraga, maka akan terjadi proses pembakaran lemak yang membuat tubuh menjadi lebih hangat. Itulah sebabnya rutin melakukan olahraga dapat membuat tubuh tidak mudah sakit.

Olahraga tidak hanya membuat kita menjadi lebih bugar dan segar. Dengan berolahraga secara teratur, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang kinerja sel darah putih. Selain itu, olahraga juga baik untuk menjaga tekanan darah, berat badan, kesehatan jantung, dan membuat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga baik untuk mengurangi stres, menurunkan berat badan, memperkuat otot dan tulang, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Sementara saat tubuh tidak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, badan akan lebih lemah dalam menghadapi penurunan suhu udara di sekitar Anda.

Waktu olahraga yang disarankan adalah selama 20-30 menit setiap hari. Pilihan olahraga yang baik dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh meliputi berjalan kaki, berenang, bersepeda, senam aerobik, hingga latihan fisik di gym.


3. Istirahat Yang Cukup
Kunci utama dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yaitu memiliki kualitas tidur yang baik. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam. Bila cukup tidur dan istirahat, tubuh Anda akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Selain itu, Anda juga jadi tidak mudah mengalami stres. Untuk menunjang tidur yang berkualitas pastikan juga untuk mengatur tempat tidur senyaman mungkin.

Jika musim hujan tiba, tubuh pun lebih mudah lelah daripada biasanya dan membutuhkan tidur yang cukup. Menjalankan pola tidur yang baik akan menjadi solusi terbaik agar tubuh mempunyai waktu untuk mengembalikan tenaga.

Sering begadang dan kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia kita.


4. Relax
Stres yang tidak terkendali, dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol dan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kita perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari hal tersebut. Luangkanlah waktu untuk berelaksasi seperti melakukan hobi, me time, hingga pijat refleksi untuk meredakan stres.


5. Kelola Stres
Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hobi, cukupi istirahat, aktif bersosialisasi, dan lakukan teknik relaksasi untuk meredakan stres. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog untuk mengatasi stres yang Anda alami.


6. Tertawa
Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan korelasi antara sistem kekebalan tubuh dan tertawa. Terlebih lagi, tertawa dianggap meningkatkan level antibodi Anda. Semakin banyak Anda tertawa, semakin banyak manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh Anda.


7. Mengurangi Konsumsi Makanan Beku atau Kalengan
Tinggal di kota yang padat seringkali membuat sebagian besar dari kita memilih untuk mengonsumsi makanan beku dan juga kalengan. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat proses masak sehingga bisa segera tiba di kantor lebih cepat.

Pada dasarnya makanan kaleng kurang baik dikonsumsi saat musim hujan karena memiliki lebih banyak pengawet, sedangkan pada makanan beku vitamin yang ada sudah hilang. Untuk membuat kekebalan tubuh meningkat, sebaiknya mulai saat ini Anda menghindari makanan tersebut.


8. Berhenti Merokok
Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif (menghirup asap rokok orang lain), terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah. Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi.

Itulah sebabnya, berhenti merokok merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.


9. Jaga Tubuh Tetap Hangat
Jaga suhu tubuh tetap hangat. Usahakan suhu tubuh tidak di bawah 36 derajat celcius. Setiap kali keluar rumah apalagi ketika sedang hujan atau keluar pada saat malam hari, kenakan jaket hangat dan pakaian yang nyaman.


10. Jangan Mengonsumsi Alkohol
Alkohol mengandung metabolit yang disebut aldehydes yang sangat merusak sistem kekebalan tubuh, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan peluang Anda untuk sakit.

Ini juga secara langsung menyebabkan penyakit seperti kanker kerongkongan, mulut, usus besar, dan kanker hati.


Demikian Artikel mengenai 10 Cara Meningkatkan Sistem Imun / Kekebalan / Daya Tahan Tubuh Manusia, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.