MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger
Add Comments
6/07/2020

Cara Mengganti Theme (Tema)/ Template Blog (Website) di Blogger


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

APA ITU THEME (TEMA)/ TEMPLATE BLOG (WEBSITE) ?

Tema (Theme) atau Template Blog (Website) adalah tampilan muka Blog (Website) dan menjadi elemen pertama yang akan dilihat pengunjung. Merupakan desain halaman Blog (Website) beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi website. Karena itulah banyak templete yang permak sedemikian rupa agar tampak indah dan menarik. Template biasanya berformat .xml

 

Tapi tidak hanya masalah tampilan saja, ada hal lain yang harus dipertimbangkan dalam memilih template Blog  (Website). Apakah tampilannya responsive ? Apakah sudah SEO Ready ? Apakah sudah Ads Ready ? Apakah loadingnya cepat ? Apakah tampilan mobile baik ?

 

 

CARA MENGGANTI THEME (TEMA) / TEMPLATE BLOG (WEBSITE)

1.        Login kedalam Blogger dan masuk ke menu Theme (Tema), lalu klik ikon titik tiga vertikal.

Jika anda belum memiliki akun Blogger silahkan membaca artikel kami sebelumnya mengenai Penjelasan Lengkap Blog, KelebihanPlatform Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger

 

2.        Klik Restore (Mengembalikan). Lihat tampilan dibawah ini.

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger

 

3.        Klik Upload (Unggah), kemudian cari tempat Anda menyimpan Theme (Tema)/ Template yang ingin Anda pasang. Setelah file Theme (Tema)/ Template sudah ditemukan silahkan pilih dan klik Open (Buka). Lihat tampilan dibawah ini.

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger
 


4.        Tunggu beberapa saat proses Restoring Theme (Memulihkan Tema) sampai muncul tulisan Restored Theme (Tema Dipulihkan) pada pojok kiri bawah layar Anda. Lihat tampilan dibawah ini.

 Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger

 

5.        Selamat Anda sudah berhasil memasang Theme (Tema)/ Template Blog (Website) di Blogger Anda.

 

Cara lain untuk memasang Theme (Tema)/ Template pada Blogger yaitu: Setelah lakukan langkah 1 diatas klik Edit HTML, kemudian hapus semua isi koding HTML tersebut dan ganti dengan koding HTML Theme (Tema)/ Template yang ingin Anda pasang dengan cara; membuka file Theme (Tema)/ Template menggunakan Notepad atau Wordpad lalu Copy (Salin) semua isi koding didalamnya dan di Paste (Tempel) pada Theme HTML yang sudah anda kosongkan atau hapus semua sebelumnya. Lihat tampilan dibawah ini.

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger


Baca Juga:

Penjelasan Lengkap Blog, Kelebihan Platform Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Memasang Posisi / Lokasi pada Google Maps kedalam Posting Blog (Website)

Cara Memasang Google Forms (Google Formulir) Kedalam Posting Blog (Website) 

 


Demikian Artikel mengenai Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.