MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Blog, Kelebihan Platform Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

Penjelasan Lengkap Blog, Kelebihan Platform Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger
Add Comments
5/29/2020

Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ لَبَرَكَاتَه

(Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua untuk kita semua dapat hidup di Dunia ini, dan semoga kita semua dapat menerima Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ "Aamiin ya Rabbal'alamin" ...

 

Shalawat, Salam dan Taslim untuk menyanyikan Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu 'Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan pada zaman Terang Benerang, sangat berbeda-beda di antara Hak dan Mandi di saat yang sama juga muncul saat ini. .

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan Apa itu Blog, Apa Perbedaan Blog dan Situs Web, Kelebihan Platform Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger. SEBELUM MASUK Ke Materi Marilah kitd membaca Ta'awuz:  أعوذ بالله من الشيطان الرجيم  “A'udzu billahi minasy syaithonir rojiim” Dan Basmalah:  بسم الله الرحمن الرحيم  “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan Yang dibaca Menjadi Berkah Dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ  “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

APA ITU BLOG?

Blog adalah aplikasi situs web yang berisi konten-konten tertentu. Dikutip dari  Wikipedia , blog atau web log adalah bentuk aplikasi web yang membentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah situs web. Situs web atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Pertama kali, blog dipopulerkan oleh Platform atau Content Management System (CMS) milik Pyra Labs yang bernama blogger (dot) com.

 

Dengan blog, kamu bisa menulis apa saja yang diinginkan. Kamu bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman pribadi, resep makanan, tips dan trik dan sebagainya. Para penulis blog atau biasa disebut “blogger” biasanya akan mudah berkembang karena didukung oleh komunitas blogger lokal maupun internasional di internet.

 

 

APA PERBEDAAN BLOG DAN WEBSITE?

Sebenarnya sama! Pertanyaan ini sering muncul untuk para pemula. Saya memiliki blog, apakah blog juga bisa disebut situs web? Dikutip dari  Merriam-Webster , menurut arti katanya, blog adalah situs yang isinya konten online tentang tulisan pengalaman pribadi, video, atau gambar. Dan semua orang dapat memberikan komentar terhadap yang diposting. Sementara situs web adalah halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting yang memiliki konten tertentu ( Wikipedia ). Jadi, blog adalah bagian dari situs web. Dari segi menarik, blog lebih komunikatif dan lebih menarik. Sedangkan situs web, tergantung jenis situs web yang dibuat.

 

 

BLOGGER PLATFORM KELEBIHAN

Salah satu platform terbaik untuk membuat Blog adalah Blogger , merupakan platform blogging yang tersedia secara gratis. Platform ini dirilis pertama pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Empat tahun kemudian atau pada 2003, Blogger kemudian diakuisisi oleh Google. Hal yang kemudian menjelaskan platform blog ini dapat terintegrasi dengan Adsense, Adwords, dan Google Analytics.

 

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda menggunakan Blogger dibandingkan dengan platform lainnya:

1. Gratis

Inilah salah satu kelebihan Blogger yang paling menarik siapa pun yang suka sesuatu yang gratis. Tidak dibutuhkan domain, hosting atau hal semacamnya. Anda akan memperoleh semua pengalaman blogging secara gratis. Dan jika blog Anda gagal, Anda tidak akan ditolak.

 

Tapi kita juga jangan sembarangan menggunakan fasilitas gratis ini dengan membuat konten yang tidak perlu bantuan Blogger, usahakan untuk membuat artikel berkualitas.

 

Jika konten kita bermasalah atau dianggap melanggar ketentuan, Blogger dapat saja memisahkan sepihak blog kita (biasanya ada email pendahuluan tentang apa saja yang harus diperbaiki).

 

Lebih lanjut, mencadangkan konten untuk mencegah hal-hal buruk yang terjadi sebelumnya, dan jika ada email dari Google tentang beberapa konten yang dihindari, perbarui segera.

 

 

2. Akun Terintegrasi

Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan Google. Dibutuhkan, Anda tak perlu ribet-ribet kompilasi membuat blog di blogger. Anda hanya tinggal melakukan masuk otomatis dengan akun Gmail yang dipunyai.

 

Dengan Blogspot, Anda juga tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan file. Untuk web hosting, blog Anda akan otomatis mendapatkan subdomain  .blogspot.com . Lalu untuk memori penyimpanan, Google juga menyediakan kapasitas 15 GB.

 

3. Tampilan

Secara default, tak banyak opsi tampilan yang disediakan oleh Blogger. Meski di satu sisi dianggap sebagai kelemahan, Anda malah bisa menganggapnya sebagai kepraktisan.

 

Dengan opsi yang ramping, Anda takkan bingung harus memilih tampilan blog. Malah, Anda bisa fokus untuk mengurus hal-hal yang lebih penting. Konten, misalnya. Toh semisal butuh tampilan unik, ada banyak sekali tema Blogger yang tersedia di internet. Anda tinggal unduh mana yang menarik, lalu instal di blog.

 

4. Kontrol

Blogger memanjakan Anda dengan situs web kontrol yang mudah. Berbagai opsi pengaturan juga sudah tersedia. Anda hanya tinggal pilih opsi yang sesuai kebutuhan. Di luar yang sifatnya terdiri dari opsi, integrasi layanan Google ke Blogger juga memfasilitasi. Anda dapat dengan mudah menambahkan akun Google Analytics atau Google Search Console dalam sekali klik.

 

5. Keamanan

Tidak perlu ditanyakan tentang sistem keamanan Blogger. Sebagai platform yang dikelola Google, aspek keamanan Blogger sudah cukup terjamin. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan tema dari pihak ketiga. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko keamanan.

 

6. Tanpa Batas Ruang Disk

Keunggulan blogger selanjutnya adalah ruang disk Anda yang tidak terbatas. Mau puluhan ribu artikel Anda menulis dalam satu blog, Blogger tetap kuat atas artikel dan ribuan gambar-gambar yang ada di postingan Anda.

 

Bayangkan jika Anda menyewa hosting yang ada batas ruang disk-nya, untuk menambah artikel selanjutnya Anda harus meng-upgrade lagi ke paket yang lebih tinggi speknya, yang pasti butuh biaya lagi.

 

7. Bandwidth Tidak Terbatas

Jika Anda meminjam hosting yang kurang bagus atau bandwidthnya terbatas, lebih dari 1.000 pengguna yang online, blog bisa turun.

 

Selain itu, jika bandwidth Anda disetujui, jika sudah ada batas maka Anda akan dapat pesan "Batas Bandwidth Melebihi" dan blog juga tidak dapat diakses, sedangkan kedua hal tersebut dapat menurunkan peringkat blog Anda di mesin pencari.

 

Namun, paket hosting atau dedicated server yang lebih bonafide, harga sewanya juga lebih mahal pasti. Oleh karena itu pengguna WordPress akan mengupgrade hosting mereka sesuai lalu lintas di web.

 

Untung Anda memakai Blogger! Hal yang diceritakan di atas tidak akan terjadi, Meskipun pengguna yang online mencapai puluhan ribu. Karena Blogger tidak menggunakan bandwidth dan ruang disk.

 

8. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan Blogger selanjutnya adalah memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa layanan gratis yang ditawarkan Blogger sebenarnya sudah cukup untuk membuat blog yang profesional maupun pribadi.

 

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Blogger dari segi layanan atau fitur:

Sebuah.    Menyediakan Domain Bawaan yang Kuat

Jika Anda membuat blog baru, Anda akan ditawarkan untuk memilih nama subdomain dengan akhiran .blogspot.com, dikemudian hari subdomain ini bisa di custom ke TLD (Top Level Domain).

Sebenarnya subdomain ini sangat kuat untuk bersaing di SERP, asalkan di dukung teknik SEO yang mumpuni dan konten yang berkualitas.

 

b.    Domain Khusus

Menurut Saya, ini kelebihan Blogger yang tidak berhak platform blogging lainnya. Untuk custom domain ke TLD (mengganti subdomain blogspot ke .com .net dll), Blogger tidak mematok harga atau berbayar. Jika Anda pake WordPress.com atau layanan platform blogging lainnya, Anda harus membayar untuk domain kustom ini.

 

Sekalipun gratis, beberapa fitur akan berpartisipasi. Lain halnya dengan Blogger, tidak ada fasilitas di antara berbayar dan gratis, semua fitur bisa diakses, karena Blogger memang tidak memiliki layanan berbayar.

 

c.     SSL Gratis

Tahun 2018 lalu, Blogger menawarkan fitur SSL (Secure Socket Layer) gratis. SSL adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di situs web Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Antara pengguna SSL dan Non SSL, bedanya terletak di alamat web, jika SSL disetujui “https” dan tersedia lambang “gembok hijau (Green Padlock),” sedangkan non SSL “http.” Selain membuat blog Anda lebih aman, mengatur SSL juga bagus dari segi SEO.

 

 

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Setelah tahu apa saja yang ditawarkan Blogger, luangkan pembahasan cara membuat blogspot.

1. Ketik kata Blogger di Mesin Pencari (Google, Bing, Yahoo, Duckduckgo, dll). Lihat tampilan dibawah ini.

 Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

2. Klik tautan dengan URL: www.blogger.com. Lihat tampilan dibawah ini.

 Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

3. Klik Buat Blog Anda (Buat Blog Anda). Lihat tampilan dibawah ini.

 Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

4. Masuk ke Blogger  dengan akun google (gmail) Anda. Jika Anda belum memiliki akun,  klik google Buat Akun (Buat Akun) untuk membuat akun google terlebih dahulu. Lihat tampilan dibawah ini.

 Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

5. Ketik nama tampilan sesuai keinginan Anda pada kolom Nama Tampilan. Lihat tampilan dibawah ini.

 Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

6. Klik Di sebelah kiri atas, klik Buat blog (Buat blog) atau jika Anda sudah pernah membuat blog sebelumnya Klik Panah bawah  ↓  dan Klik  Blog Baru (Blog Baru). Lihat tampilan dibawah ini.

Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

 

7. Masukkan Judul (Nama Blog), Buat / Pilih Alamat (Alamat) blog atau URL, dan Pilih Tema (Templat) sesuai keinginan Anda. Seperti tampilan dibawah ini. Lalu klik  Buat blog (Buat blog). Lihat tampilan dibawah ini.

Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger

Selamat Anda telah berhasil membuat Blog (situs web) di Blogger

 

Catatan: Dapatkan Anda menyetujui  Kebijakan Konten Blogger  dan  Persyaratan Layanan .

 


Baca Juga:

Cara Mengganti Theme (Tema) / Template Blog (Website) di Blogger

Cara Memasang Posisi / Lokasi pada Google Maps kedalam Posting Blog (Website)

Cara Memasang Google Forms (Google Formulir) Kedalam Posting Blog (Website) 

 


 

Demikian Artikel Mengenai Penjelasan Lengkap Blog, Platform Kelebihan Blogger dan Cara Membuat Blog di Blogger, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah:  اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ  “Alhamdulillahirabbil 'Alamin”.