MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

5 Akibat Tidak Membayar Hutang - Pengingat Diri !!!

5 Akibat Tidak Membayar Hutang - Pengingat Diri !!!
Add Comments
1/29/2021

5 Akibat Tidak Membayar Hutang - Pengingat Diri !!!
Segera Lunasi Hutang


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai 5 Akibat Tidak Membayar Hutang. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Yang harus kita ketahui tentang hutang yaitu "Hutang akan selalu melekat pada diri seseorang meski orang tersebut sudah meninggal dunia". Inilah sebenarnya yang paling berbahaya.


Ini beberapa akibat dari menunda pembayaran hutang. Karena ketika seseorang menunda-nunda pembayaran hutangnya, mereka juga harus mengingat bahwa kematian bisa datang kapan saja. Jika nyawa sudah terlepas dari raga, sementara diri masih berhutang maka akan sangat susah untuk membayarnya.


1. Amal Shalihnya Sebagai Pengganti Hutang

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.”(HR. Ibnu Majah).


2. Urusannya di Akhirat Menggantung

Jiwa seorang mukmin masih "bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.” (HR. Tirmidzi)
Bergantung dalam hadist di atas menurut Al ‘Iroqiy adalah tidak bisa dikatakan selamat atau sengsara sampai dilihat utangnya tersebut lunas atau kah tidak. Hal ini menjadi dorongan bagi ahli waris untuk segera melunasinya.


3. Menghadap Allah dengan Status Pencuri

“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah).

 

4. Dosa Tidak Terampuni Meski Mati Syahid

 

‎ يُغْفَرُ لِلشَّهِيدِ كُلُّ ذَنْبٍ إِلاَّ الدَّيْنَ

 “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR. Muslim)

5. Merenggangkan Tali Siraturahim

Dear point terakhir ini, selalu ada dalam kenyataan sehari-hari bawasannya jika kita menunda-nunda hutang pasti akan menyakiti hati si pemberi hutang karena kita sebagai yang di hutangi tidak mengutamakan atau menyegerakan membayar hutang.


“Sesungguhnya yang paling di antara kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” (HR. Bukhari)

Yuk mulai sekarang, biasakan untuk menyegerakan membayar hutang. Karena itu adalah salah satu ciri-ciri orang yang berkepribadian baik, seperti yang dikatakan Rasulullah.

 

 

Demikian Artikel mengenai 5 Akibat Tidak Membayar Hutang, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.