MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur serta Manfaatnya

Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur serta Manfaatnya
Add Comments
1/30/2021

Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur serta Manfaatnya
Sleep Animation / Animasi Tidur

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan mengenai Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur serta Manfaatnya. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Berikut Sunnah Rasulullah sebelum tidur serta manfaat nya:

 

1. Tidak Tidur Telalu Malam

Di antara kebiasaan Rasulullah Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yaitu menyegerakan tidur setelah shalat isya. "Beliau tidur di awal malam & menghidupkan di akhir malam." (Mutafaq'alaih)

 

 

2. Mengambil Wudhu

Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap 'Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci". (HR Ibnu hibban dan ibnu Umar r.a).

 

Bukan saja di cintai Allah dan di doakan Malaikat, dari Umar bin harits bahwa nabi bersabda : "Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah".

 

 

3. Membersihkan Tempat Tidur

Rasulullah Saw bersabda "Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada diatasnya ". (HR. Bukhari dan Muslim). Walau secara kebiasaan kita sudah melakulannya, ketika sudah tahu hadis di atas, yuk perbaiki niatnya untuk mengamalkan kebiasaan Rasulullah. Insya Allah mendapat pahala.

 

 

4. Berdoa Sebelum Tidur

Merupakan satu hal yang paling utama karena ini adalah kebiasaan Rasulullah dan dibawah ini adalah sebagian manfaatnya:

·      Merasa Nyaman

·      Allah Jauhkan Dari Mimpi Buruk

·      Tidur Lebih Berkualitas

·      Bangun Tidur Dengan Segar

 

 

5. Dianjurkan Tidur dalam Keadaan Miring ke Kanan

Rasulullah mengajurkan kita tidur dalam keadaan miring ke kanan karena itu kebiasaan Beliau. Selalu ada manfaat & keuntungan yang kita dapatkan selain pahala karena kita mengikuti sunnah Rasulullah Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam.

 

Hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam bersabda yang artinya: “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari)

Manfaat nya sebagai berikut:

·      Mengistirahatkan otak sebelah kiri

·      Mengurangi beban jantung

·      Mengistirahatkan lambung

·      Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi

 

 

Demikian Artikel mengenai Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur serta Manfaatnya, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.