MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Penjelasan Lengkap Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
Add Comments
2/23/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah untuk menyediakan kerangka kerja untuk mengelola risiko dan peluang K3. Memahami dan mengendalikan risiko ini akan mencegah cedera yang terkait dengan kerja bagi pekerja dan menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat. Sangat penting bagi organisasi untuk menghilangkan bahaya dan meminimalkan risiko K3 dengan mengambil langkah-langkah pencegahan dan perlindungan yang efektif.

 

Ketika langkah-langkah ini diterapkan oleh organisasi melalui SMK3-nya, organisasi akan mampu memperbaiki kinerja K3-nya. SMK3 dapat menjadi lebih efektif dan efisien ketika mengambil tindakan dini untuk memanfaatkan peluang dalam rangka perbaikan kinerja K3. Menerapkan SMK3 sesuai dengan SNI ISO 45001:2018 memungkinkan organisasi untuk mengelola risiko K3 dan memperbaiki kinerja K3-nya. SMK3 dapat membantu organisasi untuk memenuhi persyaratan hukum dan persyaratan lainnya.

 

Artikel yang ditulis oleh Pretesh Biswas yang dipublikasikan dalam website Trace International, konsultan ISO di Kuwait pada tanggal 12 Februari 2019, menyatakan bahwa tujuan dari penerapan SNI ISO 45001:2018 antara lain:

a.    mengembangkan kebijakan K3,

b.    memiliki kepemimpinan yang mampu menunjukkan komitmen terhadap K3,

c.     menetapkan proses sistematis untuk manajemen K3,

d.    melakukan kegiatan untuk mengidentifikasi bahaya,

e.    menciptakan pengendalian keselamatan operasional,

f.     meningkatkan kesadaran dan pengetahuan pekerja terkait K3,

g.    mengevaluasi kinerja K3 dan mengembangkan rencana untuk perbaikan secara berkelanjutan,

h.    menetapkan kompetensi yang diperlukan,

i.      menciptakan dan memupuk nilai-nilai K3 di dalam organisasi, serta

j.      memenuhi persyaratan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Tujuan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.