MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Stabilisasi Lumpur

Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Stabilisasi Lumpur
Add Comments
10/24/2021


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Menakar Pencemaran; Stabilisasi Lumpur. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Unit Stabilisasi Lumpur

Unit stabiliasasi lumpur (sludge stabilization atau sludge digestion unit) bertujuan untuk mengoptimalkan reaksi biodegradasi guna menghilangkan sisa-sisa kandungan organik terurai yang masih tersisa dalam lumpur.

 

Stabilisasi lumpur umumnya hanya dilakukan terhadap lumpur organik yang dihasilkan unit-unit pengolahan biologis, seperti Unit Lumpur Aktif, Oxidation Ditch, Kolam Anaerobik, dan lainnya.

 

Stabilisasi Lumpur

Stabilisasi lumpur dapat dilakukan dengan:

·      Stabilisasi anaerobik; yang mengandalkan reaksi biodegradasi anaerobik

·      Stabilisasi aerobik; yang mengandalkan reaksi biodegradasi aerobik, dan

·      Stabilisasa dengan kapur; yang menggunakan larutan kapur untuk menghentikan reaksi biodegradasi

 

Stabilisasi Anaerobik


Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Stabilisasi Lumpur
Anaerobic Sludge Stabilization


·      Stabilisasi anaerobik (atau anaerobic digestion) mengandalkan aktivitas mikroba anaerobik untuk mengkonsumsi senyawa organik-terurai yang tersisa pada endapan lumpur.

·      Prinsip kerjanya sama dengan unit-unit pengolahan air limbah anaerobik

·      Proses stabilisasi anaerobik berlangsung lebih lama dibandingkan proses stabilisasi aerobic

 

Stabilisasi dengan Kapur

Penambahan kapur ke dalam lumpur mengakibatkan aktifitas mikroorganisme terhenti, tetapi tidak akan mempengaruhi jumlah kandungan senyawa organik terurai dalam lumpur.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Menakar Pencemaran; Stabilisasi Lumpur, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.