MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Fiil dan Hubungannya dengan Surah Quraisy

Penjelasan Lengkap Surah Al Fiil dan Hubungannya dengan Surah Quraisy
Add Comments
8/08/2017

Surah Al Fiil Ayat 1-5

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Fiil secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahQuraisy. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Fiil terdiri atas 5 Ayat, termasuk Golongan Surah-Surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Kaafirun. Surah Al Fiil Merupakan Surah Ke-105 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Humazah. Nama Al Fiil diambil dari kata Al Fiil yang terdapat pada Ayat Pertama Surah ini, artinya Gajah. Surah Al Fiil mengemukakan Cerita Pasukan Bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka'bah di Mekah. Peristiwa ini terjadi pada Tahun Nabi Muhammad Saw, dilahirkan.

Pokok-pokok isinya:
Cerita tentang Pasukan Bergajah yang diazab oleh Allah Swt, dengan mengirimkan sejenis Burung yang menyerang mereka sampai Binasa.

Surah Al Fiil

Surah Al Fiil ini menjelaskan tentang Kegagalan Pasukan Bergajah yang dipimpin oleh Abrahah, karena Ka'bah dipelihara oleh Allah Swt,.

Hubungan Surah Al Fiil Dengan Surah Quraisy
Dalam Surah Al Fiil Allah Swt, menjelaskan Kehancuran Pasukan Bergajah yang hendak merobohkan Ka'bah, sedang dalam Surah Quraisy Allah Swt, memerintahkan kepada Penduduk Mekah untuk menyembah Allah Swt, Pemilik Ka'bah itu.