MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Sistem Perpipaan, Jenis dan Bahan Pipa Secara Umum dan Khusus

Penjelasan Lengkap Sistem Perpipaan, Jenis dan Bahan Pipa Secara Umum dan Khusus
Add Comments
11/08/2021

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai Sistem Perpipaan, Jenis dan Bahan Pipa Secara Umum dan Khusus. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Penjelasan Lengkap Sistem Perpipaan, Jenis dan Bahan Pipa Secara Umum dan Khusus
Sistem Perpipaan di Industri Oil and Gas / Petochemical

 

Sistem Perpipaan

Sistem perpipaan adalah suatu sistem yang digunakan untuk melakukan transportasi fluida kerja antar peralatan (equipment) dalam suatu pabrik (plant) atau dari suatu tempat ke tempat yang lain sehingga proses produksi berlangsung.

 

Sistem perpipaan (piping system) dilengkapi dengan komponen-komponen seperti katup, flens, belokan (ellbow), percabangan, zozzle, reducer, tumpuan, isolasi dan lain-lain. Dalam dunia industri, biasanya dikenal beberapa istilah mengenai sistem perpipaan seperti piping dan pipeline.

 

Piping adalah sistem perpipaan disuatu plant, sebagai fasilitas untuk mengantarkan fluida (cair atau gas) antara satu peralatan ke peralatan lainnya untuk melewati proses-proses tertentu. Piping ini tidak akan keluar dari satu wilayah plant.

 

Sedangkan pipeline adalah sistem perpipaan untuk mengantarkan atau mengalirkan fluida antara satu plant ke plant lainnya yang biasanya melewati beberapa daerah. Ukuran panjang pipa biasanya memiliki panjang lebih dari 1 km tergantung jarak antar plant.

 

Sistem perpipaan dapat ditemukan hampir pada semua jenis industri, dari sistem pipa tunggal yang sederhana sampai sistem perpipaan bercabang yang sangat kompleks. Contoh sistem perpipaan adalah sistem distribusi air bersih pada gedung atau kota, sistem pengangkutan minyak dari sumur ke tandon atau tangki penyimpanan, sistem distribusi udara pendingin pada suatu gedung, sistem distribusi uap pada proses pengeringan dan lain sebagainya.

 

Sistem perpipaan meliputi semua komponen dari lokasi awal sampai dengan lokasi tujuan, yaitu saringa (strainer), katup, sambungan, nozzle dan lain sebagainya. Untuk sistem perpipaan yang menggunakan fluida cair umumnya dari lokasi awal fluida dipasang saringan untuk menyaring kotoran agar tidak menyumbat aliran fluida. Saringan (strainer) dilengkapi dengan katup searah (foot valve) yang berfungsi mencegah aliran kembali ke lokasi awal atau tandon. Sedangkan sambungan dapat berupa sambngan penampang tetap, sambungan penampang berubah, belokan (ellbow) atau sambungan bentuk T (tee) dan masih banyak komponaen-komponen yang digunakan dalam sistem perpipaan.

 

Jenis-jenis Pipa

Dari sekian jenis pembuatan pipa, mulai dari material hingga kegunaannya pada umumnya pipa dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu:

1.        Jenis pipa tanpa sambungan, merupakan pembuatan pipa tanpa sambungan pengelasan.

2.        Jenis pipa dengan sambungan, adalah pembuatan pipa dengan cara sambungan yang dilakukan dengan cara pengelasan.

 

Bahan-bahan Pipa Secara Umum

Bahan-bahan pipa yang dimaksud disini adalah struktur bahan baru pipa tersebut atau material yang digunakan pada saat pembuatan awal pipa dan dapat dibagi secara umum sebagai berikut:

1.        Baja Karboon (carbon steel)

3.        Molibdenum karbon (carbon moly)

4.        Galvanees

5.        Ferro nikel

6.        Stainlees steel

7.        PVC (polyvinyl chloride)

8.        Chrome moly

 

Bahan-bahan Pipa Secara Khusus

1.        Vibre glass

2.        Aluminium

3.        Besi tanpa tempa (wrought iron)

4.        Tembaga (copper)

5.        Kuningan merah (red brass)

6.        Timah tembaga (nickel tembaga)

7.        Besi timah krom (nickel crome iron)

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Sistem Perpipaan, Jenis dan Bahan Pipa Secara Umum dan Khusus, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.