MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Alat Penggiling "Hammer Mill"

Penjelasan Lengkap Alat Penggiling "Hammer Mill"
Add Comments
2/03/2022

 

 

Penjelasan Lengkap Alat Penggiling "Hammer Mill"
Alat Penggiling "Hammer Mill"

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Alat Penggiling  Hammer Mill. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

ALAT PENGGILING HAMMER MILL

Hammer Mill adalah sebuah alat penggiling yang mempunyai rotor yang dapat berputar dan mempunyai alat pemecah berbentuk palu dimana palu-palu tersebut digantung pada suatu piringan/silinder yang dapat berputar dengan cepat.Alat ini juga dilengkapi dengaan kisi-kisi/ ayakan yang juga berfungsi sebagai penutup lubang tempat keluarnya produk. Pemeriksaan dan perawatan baling-baling palu sangat penting karena berhubungan dengan mengubah baling-baling yang mempercepat tingkat putaran dan bergantung pada keras lunaknya obyek yang akan di giling.

 

Bagian-bagian Peralatan dalam Hammer Mill:

1.        Feeders

Feeders adalah komponen dari peralatan hammer mill yang berfungsi sebagai pengatur aliran dan pemisah bahan-bahan dan penerima bahan baku ( raw material ) . Selain itu feeders juga berfungsi untuk mengatur aliran bahan batuan yang masuk ke dalam batu pemecah ( crusher ).

 

2.        Crusher

Crusher adalah komponen pada peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk memecah dan mengurangi ukuran bahan ( batu). Pada Hammer Mill selain menggunakan prinsip impact / benturan juga menggunakan prinsip gesekan pada dinding-dinding bagian dalam mesin dan pemotongan yang terdapat pada ayakannya.

 

3.        Screen (Ayakan)

Screen adalah komponen pada peralatan pemecah batu yang berfungsi untuk menyaring/ memisahkan, membentuk gradasi (grading), dan secara tidak langsung mengontrol penyaluran material ke unit crusher. Tujuan utama screening adalah “scalping” yaitu untuk memindahkan oversize atau undersize material dalam unit crusher, atau untuk mendapatkan ukuran material (batu) yang dihasilkan. Pada Hammer Mill, screen biasa diganti karena terdapat engsel sehingga mudah di copot dan di kombinasikan. Selain untuk mengganti screen , engsel juga di pergunakan untuk membuka bagian dalam Hammer Mill sehingga memudahkan untuk di bersihkan.

 

Cara Kerja Hammer Mill :

Hammer Mill bekerja dengan prinsip material yang masuk akan di pecah atau dihancurkan / di giling. Alatnya terdiri dari sejumlah pemukul yang terletak pada poros dan plate pemecah. Jika feed masuk melalui atas , maka material tersebut akan di pecah oleh palu-palu yang berputar dengan kecepatan tinggi, dan di tekan terhadap plate pemecah. Kemudian palu-palu pemukul akan memukul material berkali- kali yang di tahan terhadap plate pemecah, sehingga bahan tersebut hancur menjadi kecil-kecil sedangkan bagian bawah sudah di sediakan ayakan untuk menyaring produk yang sudah hancur.

 

Kelebihan Hammer Mill :

a.    Mampu memproduksi berbagai ukuran partikel

b.    Bekerja dengan bahan rapuh dan serat

c.     Kemudahan penggunaan

d.    Investasi awal lebih rendah bila dibandingkan dengan roller

e.    Minimal diperlukan pemeliharaan

f.     Partikel yang dihasilkan menggunakan Hammer Mill umumnya akan menjadi bulat, dengan permukaan halus yang muncul.

 

Kekurangan Hammer Mill :

a.    Kurang efisien bila dibandingkan dengan Roller Mill

b.    Menghasilkan ukuran yang kurang seragam

c.     Palu pabrik yang bising dan dapat menghasilkan pencemaran debu

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Alat Penggiling Hammer Mill, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.