MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Karya Tulis Ilmiah

Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Karya Tulis Ilmiah
Add Comments
3/26/2022


MATERI BAHASA INDONESIA SBMPTN SAINTEK TENTANG KARYA TULIS ILMIAH





 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Materi Bahasa Indonesia SBMPTN tentang Karya Tulis Ilmiah. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

A.  Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah hasil suatu penelitian atau kegiatan yang bersifat fakta dan dapat menjadi sebuah dokumen. Karya tulis ilmiah dapat dibedakan menjadi makalah dan laporan penelitian.

        

B.  Ciri-ciri Karya Tulis Ilmiah

1.        Mengungkapkan suatu permasalahan secara logis, fakta yang terpercaya, serta analisis yang objektif.

2.        Pendapat-pendapat yang dikemukakan berdasarkan fakta dan tidak berdasarkan imajinasi, perasaan, atau pendapat yang bersifat subjektif.

3.        Ragam bahasa yang digunakan bersifat lugas: Menggunakan kalimat efektif, Tidak menggunakan kata-kata bermakna ambigu (makna ganda), Tidak menggunakan kata-kata yang bermakna konotatif (bukan makna sebenarnya).

 

C. Karakteristik Karya Tulis

1.        Merupakan hasil kajian literatur dan laporan pelaksaan suatu kegiatan di lapangan.

2.        Menunjukkan pemahaman penulis tentang masalah yang dikaji secara teoritis dengan kemampuan penulis dalam menerapkan prosedur dan teori.

3.        Menunjukkan kemampuan atau pemahaman terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan

4.        Menunjukkan kemampuan mengumpulkan berbagai sumber informasi dalam suatu kegiatan secra utuh.

 

D. Sistematika Karya Tulis

1.        Lembar Judul

Lembar Pengesahan

Kata Pengantar

Abstrak

Daftar Isi

Daftar Gambar/tabel (jika ada)

2.        Bab I Pendahuluan

Latar belakang masalah

Perumusan masalah

Tujuan penulisan

3.        Bab II Landasan Teori

4.        Bab III Metodologi Penelitian

5.        Metode penelitian

·          Jenis penelitianPopulasi dan sampel penelitian

·          Teknik pengumpulan data

·          Teknik analisis data

6.        Bab IV Hasil Penelitian

7.        Bab V Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan Berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk ikhtisar dari permasalahan. Saran Saran yang dimaksud di sini merupakan usul atau pendapat dari penulis yang mengacu pada materi pembahasan.

8.        Daftar Pustaka Merupakan acuan dalam penulisan karya tulis, baik dari buku, surat kabar, internet, dan sumber tertulis lainnya.

9.        Lampiran-lampiran Keterangan:

·          Judul, yaitu nama yang dipakai dalam karya tulis yang menyiratkan secara pendek isi atau maksud dari karya tulis tersebut.

·          Halaman Pengesahan, yaitu halaman dalam karya tulis yang berisi tanda tangan pengesahan pihak terkait.

·          Kata Pengantar, yaitu uraian yang berisi pengantar suatu karya tulis, misalnya ucapan puji syukur atau ucapan terima kasih.

·          Abstrak, yaitu ikhtisar atau ringkasan sebuah karya tulis.

·          Daftar Isi, yaitu lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi karya tulis beserta nomor halaman.

10.    Daftar Tabel/Gambar, yaitu lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok tabel atau gambar yang terdapat dalam karya tulis beserta nomor halaman

11.    Bab I pendahuluan, yaitu bab pembukaan sebuah karya tulis yang terdiri atas latar belakang masalah, perumusan masalah, dan tujuan penulisan karya tulis.

12.    Bab II Landasan Teori, yaitu bab yang menguraikan dasar teori yang digunakan penulis dalam membuat karya tulis.

13.    Bab III Metodologi Penelitian, yaitu bab yang berisi seputar metode penelitian, jenis penelitian, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data.

14.    Bab IV Hasil Penelitian, yaitu bab yang menguraikan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis.

15.    Bab V Kesimpulan dan Saran, yaitu bab yang berisi kesimpulan dan saran penulis atas penelitian yang dilakukan.

16.    Daftar Pustaka, yaitu daftar judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya, yang dijadikan acuan dalam membuat karya tulis.

17.    Lampiran, yaitu lembar tambahan yang dilampirkan penulis.

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek tentang Karya Tulis Ilmiah , kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.