MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Materi Bahasa Indonesia SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku

Materi Bahasa Indonesia  SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku
Add Comments
3/20/2022


 

Materi Bahasa Indonesia  SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku

 


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Materi Bahasa Indonesia  SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Materi Bahasa Indonesia  SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku

 

A.       Pengertian

Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu revidere atau resencere yang berarti melihat kembali, menilai, atau menimbang. Resensi adalah ulasan yang berisi penilaian atau pertimbangan terhadap buku.

B.       Unsur-unsur Resensi

Unsur-unsur penyusunan resensi adalah sebagai berikut:

1.     Judul Resensi

2.     Identitas Buku

(Judul buku, Pengarang, Penerbit dan tahun terbit, Ukuran buku dan ketebalan buku atau jumlah halaman).

3.     Ringkasan atau Ikhtisar Buku

Untuk jenis buku fiksi, ringkasan buku sesuai dengan alur yang dibangun oleh pengarang.

Sedangkan, untuk buku nonfiksi, ringkasan buku mencerminkan hal-hal pokok, bab, atau subbab yang penting.

4.     Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan dan kekurangan buku dinilai berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya, seperti tema, latar, alur, penokohan, dan gaya bahasa penulis cerita.

Kelebihan dan kekurangan buku dapat juga tidak diulas secara lengkap berdasarkan keseluruhan unsur intrinsiknya, tetapi dinilai berdasarkan unsur intrinsik yang paling menonjol.

5.       Nilai Buku

Pada bagian ini, penulis resensi memberikan penilaian atau informasi kepada pembaca, seperti apa fungsinya membaca buku tersebut, hal-hal atau nilai-nilai apa yang diperoleh pembaca setelah membaca buku, dan siapa yang seharusnya membaca buku tersebut. Penilaian ini bertujuan memberikan pengetahuan atau memperkenalkan kepada khalayak agar mau membaca buku yang diresensi tersebut.

6.       Simpulan dan Saran

Bagian ini berisi simpulan dari resensi dan saran penulis resensi terhadap buku yang dibuat resensinya.

C.       Prinsip-prinsip Resensi  Buku

Dalam membuat resensi buku perlu diperhatikan beberapa hal berikut, yaitu: (Objektif,  Singkat, jelas, lugas, dan jujur,  Langsung pada sasaran, sesuai  dengan keadaan dan kemampuan pembaca.

 

D.       Tujuan Meresensi Buku

1.     Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.

2.     Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku.

3.     Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah buku itu pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.

4.     Menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat buku yang baru terbit. 5. Untuk mengetahui identitas buku yang patut dibaca, mulai dari judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku.

 

E.        Langkah-langkah Meresensi Buku

1.     Lakukan penjajakan terhadap buku yang akan diresensi dengan membaca judul, memerhatikan halaman identitas buku yang meliputi penerbit, tahun penerbitan, serta baca isi buku secara sekilas dengan memerhatikan daftar isi.

2.     Kenali latar belakang penulisan buku dengan membaca pengantar yang ada di dalamnya, baik pengantar dari penulis buku, penerbit, maupun dari seorang pakar apabila ada.

3.     Bacalah seluruh isi buku sampai tuntas, komprehensif, dan cermat mulai dari kata pengantar sampai pada bab akhir.

4.     Buatlah sinopsis atau ikhtisar isi buku berdasarkan catatan dan tanda khusus yang telah dibuat. Usakan sinopsis maupun ikhtisar benar-benar mewakili isi buku.

5.     Lakukan penilaian terhadap buku yang diresensi dengan menunjukkan keunggulan dan kelemahannya, baik dari segi bahasa, pembatasan bab, kerangka penulisan, sistematika, bobot ide, maupun aspek teknis lainnya.

6.     Buatlah kerangka resensi sebelum menulis resensi secara utuh.

7.     Segeralahmenulisresensi dengan berpedoman pada hal-hal yang telah disiapkan.

8.     Koreksi kembali resensi yang telah dibuat dari segi bahasa dan isi, termasuk pengetikannya. Lakukan revisi apabila diperlukan.

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Materi Bahasa Indonesia  SBMPTN Saintek Tentang Resensi Buku, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.