MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Akses Area Pekerjaan Konstruksi

Penjelasan Lengkap Akses Area Pekerjaan Konstruksi
Add Comments
4/06/2022

Akses Area Pekerjaan Konstruksi
Penjelasan Lengkap Akses Area Pekerjaan Konstruksi


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Akses Area Pekerjaan Konstruksi. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

      Akses keluar masuk kendaraan di area proyek konstruksi harus dibuat terpisah.

      Semua kendaraan dan alat berat yang memasuki proyek harus menerima induksi singkat dari sekuriti mengenai peraturan berkendara di dalam area proyek.

      Kecepatan semua kendaraan dan alat berat yang melewati akses di dalam area proyek maksimum adalah 10 km/jam.

      Saat melewati tikungan atau akses orang harus membunyikan klakson.

      Prioritas adalah pejalan kaki, pastikan akses pejalan kaki/ akses pekerja selalu dibuat. Buang puntung rokok pada tempatnya. Puntung rokok yang ditemukan di lingkungan kerja akan dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

 

 

PENJELASAN AKSES AREA KONSTRUKSI

1.        Di dalam dan diluar bangunan, buat akses pekerja pada sisi kiri, lengkapi dengan rambu petunjuk. Dilarang berlari di dalam area kerja, dilarang memasukkan tangan ke dalam kantong celana.

2.        Berjalanlah pada akses yang sudah ditentukan dan menyeberanglah pada akses penyeberangan yang sudah ditandai dengan marka. Dilarang menyeberang di/melalui depan kendaraan atau alat atau menyilang.

3.        Selalu perhatikan kiri dan kanan ketika akan menyeberang akses jalan kendaraan. Pengemudi dan operator harus memberi jalan kepada pejalan kaki.

4.        Akses keluar masuk proyek harus terpasang lampu berputar, rambu peringatan keluar masuk kendaraan proyek. Rambu keluar masuk harus terbuat dari neon box.

5.        Semua akses pekerja harus bebas dari penempatan material dan peralatan. Pasang rambu.

6.        Buat lokasi parkir kendaraan dan alat berat. Pastikan kendaraan parkir telah direm tangan dan diganjal (bila berada pada lahan miring).

7.        Pengemudi dan operator harus mendapatkan induksi singkat mengenai aturan berkendara di dalam area proyek. Dapat diberikan vehicle pass yang berisi info mengenai akses dan aturan berkendara.

8.        Kendaraan dan alat berat yang beroperasi di lokasi proyek, harus dilengkapi dengan alat pemadam api, alarm mundur, sabuk pengaman, kotak P3K, dll. APAR harus diperiksa secara rutin setiap minggu.

9.        Dilarang menggunakan alat komunikasi saat mengemudi, sambil bekerja, mengoperasikan alat berat, dan sambil berjalan. Dikenakan sanksi sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Akses Area Pekerjaan Konstruksi, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.