MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran Limbah

Penjelasan Lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran Limbah
Add Comments
4/06/2022

Penanganan Tumpahan dan Ceceran Limbah
Penjelasan Lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran Limbah


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Ceceran dan tumpahan merupakan kondisi tidak sesuai dari kegiatan operasional yang menyebabkan terjadinya ceceran ataupun tumpahan material cair (air, minyak, oli, bahan kimia) dan material padat (batu bara, gemuk, lumpur, pasir).

 

 

OPERASIONAL

1.        Persiapan

a.    Gunakan alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan sebelum melakukan pekerjaan.

b.    Persiapkan peralatan-peralatan yang sesuai untuk penanganan ceceran dan tumpahan yang terjadi.

c.     Untuk penanganan ceceran dan tumpahan bahan kimia, sebelum melakukan pembersihan terlebih dahulu harus memahami dan mengikuti petunjuk pada Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) untuk bahan kimia tersebut.

 

2.        Penanganan Ceceran dan Tumpahan

a.    Untuk melakukan pengendalian terhadap kemungkinan terjadinya ceceran dan tumpahan dalam kegiatan operasional, setiap petugas yang melakukan pekerjaan yang dapat menimbulkan potensi ceceran dan tumpahan diharuskan menyediakan tempat penampungan yang sesuai dan memadai untuk menampung ceceran dan tumpahan yang terjadi.

b.    Untuk ceceran dan tumpahan material cair (dapat dikendalikan) dibersihkan terlebih dahulu dengan absorben atau kain. Terutama untuk bahan kimia pastikan tidak ada lagi sisa ceceran dan tumpahan yang tertinggal.

·      Ceceran/tumpahan air dibersihkan dengan absorben cair atau peralatan lain sesuai volume ceceran/tumpahan untuk dibuang ke kanal air yang tersedia dan dilakukan perbaikan terhadap sumber ceceran/tumpahan.

·      Ceceran/tumpahan minyak (HSD dan pelumas) dibersihkan menggunakan absorben minyak selanjutnya dimasukkan ke tempat penampungan limbah B3.

·      Ceceran/tumpahan bahan kimia dibersihkan menggunakan absorben yang sesuai dengan LDKB bahan tersebut.

 

c.     Untuk ceceran dan tumpahan material cair (tidak dapat dikendalikan) dalam jumlah besar harus segera dibuatkan isolasi terhadap ceceran atau tumpahan tersebut dengan absorben (pasir dan serbuk gergaji).

d.    Ceceran dan tumpahan tersebut ditempatkan pada tempat penampungan yang beridentitas ”Limbah B3” dan diletakkan pada tempat penampungan limbah B3, termasuk kain atau absorben lain yang terkontaminasi. Selanjutnya proses penanganan didokumentasikan.

e.    Kemasan bekas limbah B3 dapat digunakan kembali asalkan limbah B3 yang dibuang mempunyai karakteristik yang sama dengan limbah sebelumnya. Jika karakteristiknya berbeda, maka kemasan tersebut harus dicuci dulu.

f.     Untuk ceceran dan tumpahan material padat wajib segera dilakukan pembersihan menggunakan peralatan yang tersedia, dengan penjelasan sebagai berikut:

·      Ceceran/tumpahan gemuk dibersihkan menggunakan peralatan yang sesuai selanjutnya dimasukkan ke tempat penampungan limbah B3.

·      Ceceran/tumpahan lumpur dibersihkan menggunakan peralatan yang sesuai selanjutnya dimasukkan ke tempat penampungan.

 

g.    Petugas K3 memantau pelaksanaan penanganan ceceran dan tumpahan di lokasi sebelum dan sesudah dibersihkan atau dibuang limbahnya sesuai prosedur penanganan limbah.

 

Baca Juga:
Penjelasan Lengkap Pencemaran Lingkungan (Pengertian, Jenis, Sumber, Akibat Serta Pencegahannya)

22 Isu-Isu Lingkungan Akibat Kegiatan Pertambangan

Penjelasan Lengkap Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan



Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.