MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Fakta Kopi Robusta Lampung !!!

Fakta Kopi Robusta Lampung !!!
Add Comments
5/08/2022

 

Kopi Robusta Lampung
Fakta Kopi Robusta Lampung !!!

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Fakta Kopi Robusta Lampung !!!. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 


Sudah Ada Sejak 1900

Percaya atau tidak, Kopi Robusta Lampung sudah ada sejak abad 19! Yang menarik keberadaanya ternyata tidak endemik langsung dari Lampung. melainkan dibawa oleh kolonialis masa itu, hingga saking lamanya akhirnya dinamakan sesuai tempat kopi tersebut tumbuh.


Kebun Terbesar Ada di Lampung Barat 

Sebagai salah satu negara dengan perkebunan kopi terbesar di dunia. Kopi Robusta Lampung memiliki perkebunan terbesar di Lampung barat, dengan luas 43.267 hektar.


Hasil Produksi Terbesar Kedua Nasional

Kopi Robusta menjadi hasil kopi dengan produksi terbesar kedua nasional dengan menghasilkan kurang lebih 57 ton kopi robusta sampai dengan tahun 2018. Angka pertumbuhan produksinya pun terus meningkat dari tahun 2019 hingga 2020 yaitu 33.60%.

(Sumber: Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian)


Cita Rasa Luar Biasa

Kopi robusta Lampung terkenal dengan cita rasa yang berat dan kompleks. Hal ini dipengaruhi oleh proses pengeringan biji kopi tersebut, sehingga menimbulkan rasa asam dan pahit yang kuat.



Demikian Artikel mengenai Fakta Kopi Robusta Lampung !!!, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.