MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan - By Oktavian Dwi Nata

Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan - By Oktavian Dwi Nata
Add Comments
6/17/2022

 

Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan - By Oktavian Dwi Nata
Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Opini dari Oktavian Dwi Nata (Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa) yang berjudul; "Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan". Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa
Oktavian Dwi Nata

 

Perkembangan teknologi konstruksi beton seperti paving blok banyak digunakan pada tempat-tempat fasilitas umum yang memerlukan kekuatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan permintaan konsumen. Penggunaan paving blok biasanya digunakan pada pembangunan ruas jalan yang sudah banyak dijumpai pada fasilitas umum, salah satu keunggulan paving blok adalah dinilai dari segi ekonomis yang relatif cukup murah harganya serta masa umur beton yang cukup lama. Selain itu paving blok juga mudah dalam pemasangan dan mampu menahan beban dalam batasan tertentu dengan konstruksinya yang relatif cukup lama. Untuk mendapatkan kualitas produk yang dihasilkan harus memperhatikan jenis material yang digunakan seperti pasir gunung, batu abu dan semen potrland, agar produk paving blok tetap terjaga mutu dan kualitasnya.

 

Di kota Sumbawa Besar Provinsi Nusa Tenggara Barat Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak dibidang produksi paving blok masih sangat minim sekali. Padahal kebutuhan pasar dalam pembangunan infrastruktur masih sangat perlu menggunakan paving blok dan batako. Berdasarkan standar SNI 03-0791-1996 bata beton (paving blok) merupakan suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dengan campuran semen Portland atau bahan perekat sejenisnya seperti air, pasir dan agregat tambahan lainnya tanpa mengurangi mutu dan kualitas paving blok itu sendiri. Bata beton dapat berwarna seperti warna aslinya atau bias diberikan zat warna pada komposisinya digunakan untuk halaman rumah maupun luar bangunan.

 

Dalam proses produksi paving blok tentunya harus sangat memperhatikan kualitas paving blok itu sendiri, salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas paving blok adalah kualitas bahan material sebagai bahan dasar komposisinya serta kuat tekan dari mesin pres hidrolik yang digunakan pada saat proses produksi. Perbedaan proses produksi paving blok menggunakan mesin press hidrolik dengan manual tentunya sangat berbeda dari kualitas kuat tekan paving blokyang dihasilkan. Paving blok jenis press mesin hidrolik diproduksi dengan cara di press menggunakan mesin press hidrolik dengan kuat tekan di atas rata-rata 300kg/cm². Paving block press hidrolik dapat dikategorikan sebagai paving blok dengan mutu kelas B-A (K300-450). Pemakaian paving blok jenis ini dapat digunakan untuk keperluan non struktural maupun keperluan konstruksi struktural yang berfungsi untuk menahan beban yang berat yang dilalui di atasnya, seperti: area jalan lingkungan, pelabuhan dan terminal.

 

Kelebihan dari Paving Blok

1)       Pelaksanaannya mudah dan tidak memerlukan alat berat serta dapat diproduksi secara masal;

2)       Pemeliharaannya mudah dan dapat dipasang kembali setelah dibongkar;

3)       Tahan terhadap beban statis, dinamik dan kejut dan tahan terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.

4)       Dengan penggunaan paving blokk, maka diharapkan akan mampu meresapkan air, terutama paving berumput dapat menjadi solusi untuk mengatasi genangan. Selain bisa menjaga lingkungan, digunakannya paving berumput juga mempercantik lingkungan. Karena itu sejumlah kalangan memberikan saran pemanfaatan paving berumput.

 

Kekurangan Paving Blok

1)       Mudah bergelombang bila pondasinya tidak kuat dan kurang nyaman untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga perkerasan paving block hanya cocok untuk mengendalikan kecepatan kendaraan di lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.

 

Oleh karena itu paving blok adalah salah satu solusi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di kabupaten sumbawa besar dengan biaya pengerjaan yang relatif tidak terlalu mahal, lebih efektif dan efisien dalam pengerjaan serta bisa menampung beban muatan yang cukup besar sesuai dengan standar spesifikaasi yang dibutuhkan.

 

 

Demikian Opini dari Oktavian Dwi Nata (Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa) yang berjudul; "Paving Blok Sebagai Inovasi Berbasis Ramah Lingkungan untuk Kebutuhan Ruas Jalan", kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.