MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Ulasan Buku (Book Review); "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid

Ulasan Buku (Book Review); "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid
Add Comments
9/27/2022

Ulasan Buku (Book Review); "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid
Buku "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan berbagi Ulasan Buku (Book Review); "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Dalam review buku kali ini aku ingin membahas sebuah buku sejarah yang menurutku menarik. Buku yang pertama kali aku baca beberapa tahun lalu, namun selalu kubaca ulang kembali kala semangat sedang down dalam melakukan apapun. Buku ini berjudul Biografi 60 Sahabat Nabi. Ditulis oleh sejarawan bernama Khalid Muhammad Khalid, terbitan Penerbit Insan Kamil pada tahun 2008 dengan judul asli Rijal Haula Rasul.


Tentang sejarah Islam awal, tentu tak luput dari sederet nama-nama besar di sekeliling Baginda Nabi Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam, orang-orang yang ikut mewarnai sejarah panjang perjuangan Nabi dalam menegakkan panji Islam. Mereka juga termasuk orang-orang heroik yang pernah ada di muka bumi. Nah, Buku setebal 582 halaman ini mengisahkan bagaimana para sahabat satu persatu diketuk hati nya oleh Hidayah Ilahi, juga tentang perjuangan meneguk Hidayah itu yang digambarkan secara gamblang, hingga bagaimana para manusia yang Allah ridhoi itu menjemput cita-cita paling tinggi mereka, satu persatu, dengan versi terbaik mereka.


Dari 60 sahabat nabi dalam buku ini, aku menyukai hampir semua tokoh dalam biografi ini, tapi bagian paling aku suka adalah cerita tokoh pertamanya, Mush'ab Bin Umair. Mush'ab bin Umair adalah sahabat yang ditugaskan oleh Baginda Nabi menjadi duta pertama Islam dan diutus untuk menyampaikan dakwah ke Madinah. Sosok Sahabat yang cerdas, santun dan berwibawa digambarkan oleh penulis dengan baik, serta dipadukan dengan gaya bahasa Khalid Muhammad Khalid yang lembut dan enak dibaca.


Khalid menggambarkan bagaimana Mush'ab bin Umair Radiallahu ‘Anhu berada dalam moment terakhirnya di medan perang dan menjemput syahid dalam kutipan yang syahdu, "Mush'ab  terjatuh. Benderanya juga terjatuh! Ia telah meraih pakaian dan bintang kesyahidan. Ia gugur setelah menerjuni pertempuran besar, pertempuran penuh pengorbanan dan iman dengan gagah berani." lalu bagaimana Khalid juga menulis sebuah akhir yang indah untuk Mush'ab bin Umai, "berbahagialah engkau, wahai Mush'ab bin Umair. Wahai manusia yang jika namamu disebut maka kehidupan ini menjadi harum!"


Bagian menarik lainnya selain yang aku sebutkan di atas, buku ini merangkum 60 sahabat Nabi dalam 1 buku, artinya yang diceritakan dalam buku ini adalah hal-hal paling menonjol saja, ini cocok untuk kamu yang ingin membaca siroh para sahabat namun kesulitan untuk mengumpulkan buku atau cerita dari banyak sumber. Selain itu, aku rasa buku ini juga cocok untuk dibaca para orang tua kepada buah hati sebagai pengantar tidur. Pokoknya harus ada lah dalam rak buku kalian :)


"Sejarah yang Indah, ditulis dengan bahasa yang Indah." Itu cukup menggambarkan bagaimana Khalid berkisah dalam tulisan-tulisannya. Aku sendiri memberi rate 8/10 untuk buku ini. Bukunya sukses banget bikin mata berkaca-kaca saat dibaca.


Oya, buku ini bisa didapatkan di toko buku manapun, online dan offline.


Mungkin ini dulu review buku kali ini, semoga bermanfaat :)



Demikian Artikel mengenai Ulasan Buku (Book Review); "Biografi 60 Sahabat Rasulullah" by Khalid Muhammad Khalid, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.