MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?

Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?
Add Comments
3/08/2023

 

Penjelasan Lengkap Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?
Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Depo Pertamina Plumpang merupakan salah satu tempat penyimpanan bahan bakar minyak yang sangat penting di Jakarta. Akan tetapi, keberadaannya tidak jarang menimbulkan masalah, terutama terkait dampak negatif yang ditimbulkan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Salah satu masalah yang pernah terjadi adalah kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang pada tahun 2018 dan 2023 lalu.


Kebakaran ini menimbulkan banyak kerugian, tidak hanya secara material namun juga lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. Untuk mencegah terjadinya kejadian serupa di masa yang akan datang, maka konsep Buffer Zone diterapkan pada Depo Pertamina Plumpang.


Apa itu Buffer Zone dan Bagaimana Konsepnya Diterapkan pada Depo Pertamina Plumpang?

Buffer Zone adalah suatu area yang ditetapkan untuk melindungi lingkungan dari dampak negatif kegiatan industri yang dilakukan di sekitarnya. Konsep ini diterapkan pada Depo Pertamina Plumpang sebagai upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya dan juga meningkatkan keselamatan masyarakat.


Konsep Buffer Zone pada Depo Pertamina Plumpang memiliki kriteria dan jarak tertentu yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi adalah adanya pembatas dengan material yang tidak mudah terbakar, ketinggian dinding pembatas, jarak buffer zone yang mencukupi, serta ketersediaan alat pemadam kebakaran yang memadai.



Apakah Konsep Buffer Zone Dapat Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Kebakaran?

Menerapkan konsep Buffer Zone pada Depo Pertamina Plumpang adalah salah satu upaya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran. Kriteria jarak dan pembatas yang telah ditetapkan pada Buffer Zone, jika dipenuhi dengan baik, dapat meminimalisir terjadinya kebakaran. Selain itu, adanya alat pemadam kebakaran yang memadai juga dapat mempercepat penanganan kebakaran jika terjadi.


Akan tetapi, meskipun telah diterapkan konsep Buffer Zone pada Depo Pertamina Plumpang, hal ini tidak menjamin keamanan sepenuhnya dari risiko kebakaran. Oleh karena itu, penegakan aturan dan pengawasan yang ketat terhadap perusahaan pengelola Depo Pertamina Plumpang perlu dilakukan secara terus-menerus.



Bagaimana Solusi Terbaik Menghadapi Kemungkinan Terjadinya Kebakaran?

Selain menerapkan konsep Buffer Zone yang tepat pada Depo Pertamina Plumpang, solusi terbaik untuk menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran adalah dengan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat sekitar. Dalam hal ini, peran serta masyarakat sangatlah penting untuk mengurangi risiko kebakaran.


Masyarakat sekitar Depo Pertamina Plumpang perlu mengetahui tanda-tanda awal kebakaran dan cara-cara menghadapi keadaan tersebut. Beberapa tanda-tanda awal kebakaran yang perlu diperhatikan adalah adanya asap tebal dan bau yang kuat, suhu yang meningkat secara drastis, serta suara ledakan atau krepitasi.


Selain itu, masyarakat juga perlu mengetahui cara-cara yang benar dalam penanganan kebakaran, seperti cara menggunakan alat pemadam kebakaran dan cara evakuasi yang tepat. Seluruh masyarakat sekitar Depo Pertamina Plumpang harus dilibatkan dalam upaya penanganan kebakaran, sehingga risiko terjadinya kebakaran dapat diminimalisir dengan baik.


(Referensi: beritasatu.com & megapolitan.kompas.com)

  • Depo Pertamina Plumpang. (2019). Pedoman Penanganan Kedaruratan Depo Pertamina Plumpang. Jakarta: PT Pertamina (Persero).
  • PT Pertamina (Persero). (2018). Laporan Tahunan 2018. Jakarta: PT Pertamina (Persero).



Demikian Artikel mengenai Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang dan Kebakaran: Apa Hubungannya dan Bagaimana Solusinya?, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.