MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi

Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi
Add Comments
11/30/2023

Artikel - Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi
Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan membahas Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...



Pohon adalah salah satu makhluk hidup yang paling penting di bumi. Selain menjadi sumber makanan dan tempat tinggal bagi berbagai jenis makhluk hidup, pohon juga berperan penting dalam menjaga kualitas udara. Pohon menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, yang menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen sebagai produk sampingannya.


Berapa banyak oksigen yang dihasilkan oleh pohon?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu pohon dewasa dapat menghasilkan oksigen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen harian dua orang dewasa. Namun, jumlah oksigen yang dihasilkan oleh pohon berbeda-beda tergantung pada jenis pohonnya.


Berikut ini adalah beberapa jenis pohon dan jumlah oksigen yang dihasilkan dalam satu tahun:

  1. Pohon ek: 260 pound/tahun
  2. Pohon maple: 260 pound/tahun
  3. Pohon oak: 260 pound/tahun
  4. Pohon pinus: 260 pound/tahun
  5. Pohon palem: 100 pound/tahun
  6. Pohon apel: 15 pound/tahun
  7. Pohon ceri: 15 pound/tahun
  8. Pohon plum: 15 pound/tahun


Jenis pohon penghasil oksigen terbanyak

Dari daftar di atas, dapat dilihat bahwa pohon-pohon yang memiliki daun lebar, seperti pohon ek, maple, dan oak, merupakan jenis pohon penghasil oksigen terbanyak. Hal ini dikarenakan pohon-pohon tersebut memiliki daun yang lebih banyak, sehingga dapat menyerap lebih banyak karbon dioksida dan menghasilkan lebih banyak oksigen.


Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi oksigen oleh pohon

Selain jenis pohon, jumlah oksigen yang dihasilkan oleh pohon juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti:

  1. Usia pohon. Semakin tua pohon, semakin banyak oksigen yang dapat dihasilkannya.
  2. Kondisi lingkungan. Pohon yang tumbuh di lingkungan yang sehat dan kaya akan sinar matahari akan menghasilkan lebih banyak oksigen.
  3. Musim. Produksi oksigen oleh pohon akan meningkat pada musim semi dan musim panas, ketika sinar matahari lebih banyak.


Pentingnya pohon bagi lingkungan

Pohon memiliki peran penting bagi lingkungan, termasuk dalam menjaga kualitas udara. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian hutan dan menanam pohon di lingkungan sekitar kita.


Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan:

  1. Tidak menebang pohon sembarangan
  2. Memanfaatkan kayu secara bijak
  3. Menanam pohon di lingkungan sekitar
  4. Dengan menjaga kelestarian hutan, kita dapat turut serta menjaga kualitas udara dan lingkungan kita.


Referensi: fs.fed.us, National Center for Environmental Information, diterbitkan pada tahun 2022, dan World Wildlife Fund (WWF)



Demikian Artikel mengenai Peranan Vital Pohon Penghasil Oksigen Utama di Bumi, kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.