MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Al Ma’aarij dan Hubungannya dengan Surah Nuh

Penjelasan Lengkap Surah Al Ma’aarij dan Hubungannya dengan Surah Nuh
Add Comments
8/02/2017



Surah Al Ma’aarij Ayat 1-10

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Al Ma’aarij secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah Nuh. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Al Ma’aarij terdiri atas 44 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah, diturunkan sesudah Surah Al Haaqqah. Surah Al Ma’aarij Merupakan Surah Ke-70 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Haaqqah. Perkataan Al Ma'arijyang menjadi nama bagi Surah ini adalah kata Jamak dari Mi'raj, diambil dari Perkataan Al Ma'arij yang terdapat pada Ayat 3, yang artinya menurut Bahasa Tempat Naik. Sedang para Ahli Tafsir memberi arti Bermacam-macam, di antaranya Langit, Nikmat Karunia dan Derajat atau Tingkatan yang diberikan Allah Swt, kepada Ahli Syurga.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Perintah Bersabar kepada Nabi Muhammad Saw, dalam menghadapi Ejekan-ejekan dan keingkaran Orang-orang Kafir, Kejadian-kejadian pada Hari Kiamat, Azab Allah Swt, tak dapat dihindarkan dengan Tebusan apapun, Sifat-sifat Manusia yang mendorongnya ke Api Neraka, Amal-amal Perbuatan yang dapat membawa manusia ke Martabat yang Tinggi, Peringatan Allah Swt, akan mengganti Kaum yang Durhaka dengan Kaum yang Lebih Baik.

Surah Al Ma’aarij - Tempat-tempat Naik

Surah Al Ma´aarij menerangkan Sifat-sifat yang Buruk serta memberi Petunjuk kepada Jalan-jalan yang dapat mencapai Kemuliaan dan Derajat yang tinggi.

Hubungan Surah Al Ma´Aarij Dengan Surah Nuh
1.    Pada akhir Surah Al Ma´aarij Allah Swt, menerangkan Bahwa Dia berkuasa mengganti Kaum yang Durhaka dengan Kaum yang lebih baik, sedang dalam Surah Nuh dibuktikan dengan penenggelaman Kaum Nabi Nuh a.s yang Durhaka.
2.      Kedua Surah ini dimulai dengan ancaman Azab kepada Orang-orang Kafir.