MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Ath Thalaaq dan Hubungannya dengan Surah At Tahrim

Penjelasan Lengkap Surah Ath Thalaaq dan Hubungannya dengan Surah At Tahrim
Add Comments
8/02/2017



 Surah Ath Thalaaq Ayat 2-3

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Ath Thalaaq secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu Surah At Tahrim. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Ath Thalaaq terdiri atas 12 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Madaniyyah, diturunkan sesudah Surah Al Insaan. Surah Ath Thalaaq Merupakan Surah Ke-65 didalam Al-Qur’an Setelah Surah At Taghaabun. Dinamai Surah Ath Thalaaq karena kebanyakan Ayat-ayatnya mengenai masalah Talak dan yang Berhubungan dengan masalah itu.

Pokok-pokok Isinya, ialah:
Dalam Surah ini diterangkan Hukum-hukum mengenai Thalaq, Iddah dan Kewajiban masing-masing Suami dan Isteri dalam masa-masa Talaq dan Iddah, agar tak ada pihak yang dirugikan dan keadilan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian disebutkan perintah kepada Orang-orang Mukmin supaya Bertakwa kepada Allah Swt, yang telah mengutus seprang Rasul yang memberikan petunjuk kepada meraka. Maka siapa yang Beriman akan dimasukkan ke dalam Syurga dan kepada yang ingkar diberikan Peringatan bagaimana nasibnya Orang-orang ingkar di masa dahulu.

Surah Ath Thalaaq

Surah Ath Thalaaq mengandung Hukum-hukum yang mengenai Talak dan yang Berhubungan dengan masalah itu dan merupakan kelengkapan dari Hukum Talak yang tersebut dalam Surah Al Baqarah Ayat 222 sampai dengan 242.

Hubungan Surah Ath Thalaaq Dengann Surah At Tahriim
1.    Di dalam Surah Ath Thalaaq disebutkan bagaimana seharusnya Bergaul dan Bertindak terhadap Isteri, sedang dalam Surah At Tahriimditerangkan beberapa hal yang terjadi antara Nabi Muhammad s.a.w. dengan para Isterinya dann bagaimana tindakan Nabi menghadapi hal itu supaya dapat menjadi pelajaran bagi Umatnya dalam Pergaulan Berkeluarga.
2.     Keduanya sama-sama dimulai dengan Seruan Allah Swt, kepada Nabi Muhammad Saw, tentang Hal-hal yang Berhubungan dengan Hidup Kekeluargaan.