MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Surah Quraisy dan Hubungannya dengan Surah Al Maa’uun

Penjelasan Lengkap Surah Quraisy dan Hubungannya dengan Surah Al Maa’uun
Add Comments
8/08/2017

Surah Quraisy Ayat 1-4

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur Kehadirat Allah Swt, yang Telah Memberikan Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya kepada Kita Semua sehingga Kita Masih Hidup Dapat di Dunia ini, dan Semoga Kita Semua Selalu Mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Swt, Aamiin ...

Shalawat serta Salam kepada Sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam, Nabi Besar Muhammad Saw, yang telah Membimbing Kita dari Zaman Kebodohan Menuju Zaman Penuh dengan Ilmu Pengetahuan Seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Surah Quraisy secara Lengkap dan Hubungannya dengan Surah Setelahnya yaitu SurahAl Maa’uun. Langsung saja berikut Penjelasan Lengkapnya.

Surah Quraisy terdiri atas 4 Ayat, termasuk Golongan Surah-surah Makkiyyah dan diturunkan sesudah Surah At Tiin. Surah Quraisy Merupakan Surah Ke-106 didalam Al-Qur’an Setelah Surah Al Fiil. Nama Quraisy diambil dari kata Quraisyyang terdapat pada Ayat Pertama, artinya Suku Quraisy. Suku Quraisy adalah Suku yang mendapat Kehormatan untuk Memelihara Ka'bah.

Pokok-pokok isinya:
Peringatan kepada Orang Quraisy tentang Nikmat-nikmat yang diberikan Allah Swt, kepada mereka karena itu mereka diperintahkan untuk Menyembah Allah Swt,.

Surah Quraisy

Surah Quraisy menerangkan Kehidupan Orang Quraisy serta Kewajiban yang seharusnya mereka penuhi.

Hubungan SurahQuraisy Dengan SurahAl Maa'uun
1.      Dalam SurahQuraisy Allah Swt, menyatakan bahwa Dia membebaskan Manusia dari Kelaparan, maka dalam Surah Al Maa'uun Allah Swt, Mencela Orang yang tidak menganjurkan dan tidak memberi makan Orang Miskin.
2.      Dalam SurahQuraisy Allah Swt, memerintahkan menyembah-Nya maka dalam Surah Al Maa'uun Allah Swt, mencela Orang yang Sholat dengan Lalai dan Riya.