MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Industri Asam Nitrat (Sifat, Cara Pembuatan Senyawa Asam Nitrat dan Dampak Penggunaannya)

Penjelasan Lengkap Industri Asam Nitrat (Sifat, Cara Pembuatan Senyawa Asam Nitrat dan Dampak Penggunaannya)
Add Comments
11/18/2019



اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Industri Asam Nitrat (Sifat, Cara Pembuatan Senyawa Asam Nitrat dan Dampak Penggunaannya). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ..


INDUSTRI ASAM NITRAT

Asam Nitrat (Nitric Acid)

Asam nitrat merupakan cairan tidak berwarna pada temperatur kamar dan tekanan atmosfir. Asam nitrat disebut juga aqua fortis dan azoticacid. Asam nitrat mempunyai rumus kimia HNO3 dan merupakan asam yang kuat. Asam nitrat dapat digunakan sebagai pengoksidasi yang kuat. Secara rinci, asam nitrat dapat digunakan sebagai: nitrating agent, oxidazing agent, pelarut, katalis dan hydrolizing agent. Pada awalnya pembuatan asam nitrat dilakukan oleh orang-orang Arab pada abad IX dengan cara distilasi dari campuran cyprus vitriol, salipeter, dan alum dengan menghasilkan cairan yang kemudian disebut aqua fortis. Pada tahun 1798, Milner memaparkan oksidasi ammonia uap dengan melebihkan mangan dioksida dengan hasil nitrogen oksida dan asam.


SIFAT ASAM NITRAT
1.        Sifat Fisis
a.    Rumus molekul:  HNO3
b.    Bentuk:  Cair - Titik beku : - 42oC
c.     Titik didih:  122oC
d.    Panas Pembentukan: -173,35 Kj/kmol
e.    Entropy:  155,71 Kj/kmol K
f.     Panas penguapan:  39,48 Kj /kmol
g.    Specific grafity:  1,41

2.        Sifat-sifat Kimia

Rumus Kimia Asam Nitrat (Nitric Acid)

a.    Asam nitrat merupakan pengionisasi yang kuat, reaksi yang terjadi:
NaOH + HNO3 → NaNO3 + H2O CdO + 2HNO3 → Cd(NO3)2 +  H2O
FeOH + HNO3 → FeNO3  + H2O

b.    Asam nitrat merupakan pengoksidasian yang kuat, reaksi yang terjadi:
 I2 + 10HNO3 → 2HIO3  + 4H2O + 10NO2
Sn + 4HNO3 → SnO2 + 2H2O + 4NO2
c.     Asam nitrat sebagai nitrating agent reaksi yang terjadi: 2HNO3 + NO → 3NO2 + H2O
Asam nitrat tidak stabil terhadap panas dan bisa terurai sebagai berikut:
 4NHO3 → 4NO2 + 2H2O + O2


CARA PEMBUATAN SENYAWA-SENYAWA ASAM NITRAT
1.        Proses Oksidasi Ostwald
Pada proses ini udara dikompresi menjadi 100 psi atau sekitar 6 atm yang sebelumnya disaring dengan menggunakan filter. Ammonia diuapkan dengan vaporizer dan dipisakan dengan separator yang selanjutnya dicampur dengan udara yang sudah dikompresi. Sebelum masuk reaktor udara dan Amonia dipanaskan terlebih dahulu dengan menggunakan furnace agar dicapai suhu yang di inginkan. Di dalam reaktor terjadi proses oksidasi antara ammonia dan udara dengan reaksi sebagai berikut:
4NH3  + 5O2 => 4NO + 6H2O 2NO + O2 2NO2
3NO2 + H2O => 2HNO3  + NO

Campuran udara dan ammonia dimasukkan kedalam reaktor yang berisi katalisator platinum - rhodium 2 - 10% dari reaktor dihasilkan nitrogen oksida (NO), kemudian direaksikan dengan oksigen supaya terbentuk asam nitrat yang konsentrasinya 60 - 65%. Produk keluar reaktor berupa gas NO2 selanjutnya diumpankan menuju absorber yang berfungsi untuk mereaksikan gas NO2 dengan air sehingga akan terbentuk asam nitrat. Produk bawah berupa asam nitrat akan dialirkan menuju tangki. Sedang sisa reaksi berupa gas akan dikeluarkan lewat atas absorber.

2.         Proses Retort
Proses retort menggunakan bahan baku natrium nitrat (96%) dan asam sulfat (93%). Di dalam reaktor terjadi reaksi eksotermis antara natrium nitrat dan asam sulfat.
Reaksi yang terjadi :
NaNO3 + H2SO4 ­=> HNO3  + NaHSO4
Suhu operasi antara 150 - 200˚C selama 12 jam. Selama waktu proses asam nitrat mengalami dekomposisi karena panas reaksi yang terjadi maka untuk mengurangi dekomposisi suhu reaktor harus dijaga. Asam nitrat menguap pada suhu 110 - 130˚C, kemudian dilewatkan condesor partial.

Hasil gas dan embunan dipisahkan dengan separator, cairan asam nitrat hasil konsentrasinya 96 - 99%. Gas yang tidak terembunkan berkisar antara 10-12% dari asam nitrat keluar reaktor. Gas yang tidak terembunkan diserap oleh air dalam absorber. Hasil cairan absorber menghasilkan asam nitrat dengan kadar 60 - 70 %. Hasil samping reaktor berupa campuran NaHSO4 dan zat yang tidak bereaksi disebut niter cake. Niter cake dapat digunakan pada industri baja dan juga dapat sebagai bahan baku asam klorida bila direaksikan dengan garam natrium klorida. Dari uraian proses pembuatan asam nitrat diatas, proses yang dipilih adalah proses oksidasi dengan pertimbangan antara lain:
a.    Asam nitrat yang dihasilkan mempunyai kadar yang tinggi yaitu 96%.
b.    Proses sederhana dan alat yang digunakan simple jadi biaya alat lebih murah.
c.     Bahan baku yang digunakan lebih murah dibandingkan dengan proses retort

Diagram Alir Proses Pembuatan Asam Nitrat dari Amoniak


DAMPAK PENGGUNAAN ASAM NITRAT

Custom NFPA Diamond Label LZN514

Asam nitrat adalah agen oksidasi berwarna yang dapat menjadi berpotensi meledak ketika kontak dengan senyawa tertentu seperti serbuk logam, carbides dan cyanides. Juga dapat sangat keras dan self-igniting apabila digunakan dengan beberapa senyawa organik. Itulah sebabnya ketika memilih sebuah area penyimpanan, anda perlu memastikan bahwa itu disimpan dari organik dan basis.

Tak perlu dikatakan, ini memiliki reputasi untuk menjadi berbahaya dan sama sekali tidak ramah kepada orang-orang ceroboh. Meskipun memang berbahaya, itu adalah komponen yang sangat penting dalam beberapa produk industri. Itu sebabnya produksinya masih diperlukan untuk sebagian besar industri. Pada kenyataannya, ada banyak kegunaan untuk HNO3. Hal ini digunakan untuk memproduksi bahan peledak, pupuk, nitrat, pewarna, beberapa obat, parfum dan Sulfuric acid (yang juga penting untuk beberapa proses industri). Selain ini, hal ini juga digunakan dalam proses pemurnian dari platinum, emas, perak, dan sebagainya. Dalam proses etsa desain untuk perunggu, kuningan dan barang-barang tembaga, agen oksidasi ini juga diperlukan.Menggunakan disebutkan adalah beberapa kontribusinya. Itulah mengapa, di tengah-tengah bahaya yang membawa, banyak orang masih risiko menjadi pemasok asam nitrat dan produsen produk yang menggunakan HNO3.

Karena itu tak terelakkan bagi sebagian orang untuk memasukkannya ke dalam kehidupan sehari-hari dan profesional, yang paling yang dapat dilakukan adalah untuk jual parfum asli dan murah menerapkan langkah-langkah keselamatan dalam penanganan dan penggunaan.

Dalam hal ini, ada hukum yang membatasi dan melarang penggunaan, distribusi, manufaktur dan produksi asam nitrat. Dengan demikian, jangan heran jika Anda menemukan sulit untuk mendapatkan akses ke HNO3 setiap kali Anda perlu. Tidak seperti yang sering dijual sebagai makanan favorit Anda yang Anda dapat dengan mudah membeli dari mana saja kapan saja. Anda harus pergi melalui banyak kesulitan untuk menemukan dan mendapatkan memegang itu. Karena asam nitrat berbahaya bila tidak ditangani dengan baik, Anda perlu tahu tindakan pencegahan spesifik yang Anda butuhkan untuk mengambil dan sinyal peringatan yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa hal untuk membantu Anda dengan aman menggunakan agen oksidasi ini.
1.        Ketika dihirup, uap dari asam dapat menyebabkan kesulitan bernafas. Bahkan, jika ada pemaparan, salah satu bahkan bisa mendapatkan edema paru dan radang paru-paru, yang keduanya fatal. Menyadari iritasi tenggorokan, hidung dan saluran pernapasan, tersedak dan batuk seperti ini adalah indikasi yang jelas bahwa seseorang telah menghirup uap yang.

2.        Ketika ditelan, dapat memiliki efek langsung seperti sensasi menyakitkan dan pembakaran dalam petikan-petikan pencernaan seperti mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan saluran pencernaan. Namun, ide seseorang secara tidak sengaja menelan itu cukup jarang.

3.        Kulit kontak juga dapat merusak seperti itu dapat menyebabkan luka bakar parah, kemerahan, nyeri dan bahkan mendalam ulkus jika mendapatkan solusi terkonsentrasi untuk kulit. Jadi, pastikan untuk mengenakan pakaian yang diresepkan untuk menangani asam.

4.        Luka bakar dan kerusakan permanen mata juga mungkin jika asam nitrat masuk ke mata Anda. Demikian juga, uap yang dapat menyebabkan iritasi mata. Oleh karena itu, sepasang kacamata bisa menjadi sangat berguna.

5.        Sedang di sekitarnya selama jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gigi erosi dan kerusakan paru-paru. Hal ini paling mungkin terjadi karena asam dikenal memiliki sifat korosif.

6.        HNO3  dapat membuat setiap kondisi memburuk. Jika seseorang telah memiliki gangguan kulit, penyakit mata dan kardiopulmoner masalah, ia menjadi lebih rentan terhadap memperparah kondisi nya jika ia bekerja dan di sekitar asam sering. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk benar-benar memeriksa sejarah medis pekerja dan pelamar.


Baca Juga:


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Industri Asam Nitrat (Sifat, Cara Pembuatan Senyawa Asam Nitrat dan Dampak Penggunaannya), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.