MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Aspek Kesehatan Masyarakat – Penyebaran dan Penularan Penyakit dari Vektor (Hama) Tikus

Penjelasan Lengkap Aspek Kesehatan Masyarakat – Penyebaran dan Penularan Penyakit dari Vektor (Hama) Tikus
Add Comments
7/02/2020

Penjelasan Lengkap Aspek Kesehatan Masyarakat – Penyebaran dan Penularan Penyakit dari Vektor (Hama) Tikus


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Sebelumnya kamu sudah membahas mengenai PenjelasanLengkap Jenis-jenis tikus beserta gambarnya, dan Penjelasan LengkapPrilaku Tikus: Indera Pada Tikus, Kemampuan Fisik, Sarang, Makanan, Kebiasaandan Habitat, serta Tanda-tanda Keberadaan Tikus, juga mengenai PenjelasanLengkap Pengendalian Vektor Tikus (Pengendalian Kimia, Lingkungan, Biologi,Fisik dan Mekanik. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Penjelasan Lengkap Aspek Kesehatan Masyarakat – Penyebaran dan Penularan Penyakit dari Vektor (Hama) Tikus. Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحيمِ “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Tikus dan mencit yang termasuk hewan mengerat (rodensia). Jenis ini lebih dikenal sebagai hama tanaman pertanian, perusak barang di gudang dan hewan pengganggu/menjijikkan di perumahan. Belum banyak diketahui dan disadari bahwa kelompok hewan ini juga membawa, menyebarkan dan menularkan berbagai penyakit kepada manusia, ternak dan hewan peliharaan. Rodensia komensal yaitu rodensia yang hidup di dekat tempat hidup atau kegiatan manusia ini perlu lebih diperhatikan dalam penularan penyakit.

 

Tikus dan mencit, penyakit bersumber rodensia yang disebabkan oleh berbagai agen penyakit seperti virus, rickettsia, bakteri, protozoa dan cacing dapat ditularkan kepada manusia secara langsung. sedangkan secara tidak langsung dapat melalui feses, urin dan ludah, melalui gigitan vektor ektoparasit tikus dan mencit (kutu, pinjal, caplak, tungau). Disamping itu kecoa juga merupakan vektor penularan penyakit yang cukup penting yang sering hidup di sekitar kita.

 

Data dari International Leptospirosis Society (ILS) menyebutkan bahwa Indonesia dinyatakan sebagai negara insiden leptospirosis tingkat tiga di dunia untuk mortalitas dengan kisaran kasus kematian antara 2,5%-16,45% atau rata-rata 7,1%. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang melaporkan kasus suspek leptospirosis di Indonesia. Sejak tahun 2010 jumlah kasus leptospirosis di Jawa Tengah mengalami peningkatan tercatat pada tahun 2010 ditemukan 133 kasus dan CFR 10,9% (14 orang). Kemudian pada tahun 2011 jumlah kasus  meningkat menjadi 184 kasus dengan CFR 17,74 % (33 orang). Sampai dengan triwulan III tahun 2012 ini, di Jawa Tengah sudah ditemukan 118 kasus dengan angka CFR 16,95% (20 orang). Dalam kurun waktu tersebut Kota Semarang selalu menduduki peringkat tertinggi untuk kasus dan angka kematian akibat leptospirosis. Pada tahun 2012, kasus leptospirosis di Kota Semarang sebesar 81 kasus dengan angka kematian (CFR) 17, 28 % (14orang). Kecamatan Gunungpati adalah satu dari 16 kecamatan di Kota Semarang yang menjadi daerah fokus leptospirosis karena sepanjang tahun 2012 ditemukan 4 kasus dengan 1 orang meninggal dengan IR 5,36 dan CFR 25 %.

 

Tikus merupakan reservoar penting bagi bakteri leptospira, karena >50% tikus dapat mengeluarkan bakteri leptospira secara masif (terus menerus) melalui urin (kencing) selama hidupnya, tanpa menunujukkan gejala sakit. Serovar leptospira yang ditularkan oleh tikus merupakan serovar yang paling berbahaya, dari semua reservoar yang ada. Lebih dari 50 jenis tikus yang diidentifikasi ternyata mengandung berbagai serovar leptospira. Sebanyak 24 serovar diisolasi dari tikus rumah R. tanezumi, 22 serovar dari tikus got R. norvegicus dan 30 serovar dari mencit rumah Mus musculus. Tikus merupakan hewan pengerat yang berbahaya  bagi kesehatan sehingga perlu dilakukan pengendalian pada tikus sebagai sumber penularan penyakit (Assimina, 2008; Kate, 2007).

 

 

Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Aspek Kesehatan Masyarakat – Penyebaran dan Penularan Penyakit dari Vektor (Hama) Tikus, kita akhiri dengan mebaca Hamdallah : اَ الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.