MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Penjelasan Lengkap Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Penjelasan Lengkap Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
Add Comments
4/07/2022

Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
Penjelasan Lengkap Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

 

Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) adalah bahan yang karena sifat kimia maupun kondisi fisiknya berpotensi menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia, kerusakan properti, dan atau lingkungan. Hampir semua bahan kimia yang digunakan terkait dengan satu atau lebih sumber bahaya bagi kesehatan atau fisik. Sumber bahaya ini dapat memberi dampak merugikan pada pekerja, lingkungan kerja, masyarakat umum dan lingkungan di luar pabrik.

 

 

PERSYARATAN DAN OPERASI

1.        Jenis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

a.    Bahan mudah terbakar, yaitu bahan yang mudah bereaksi dengan oksigen dan menimbulkan kebakaran.

b.    Bahan mudah meledak, yaitu bahan kimia, cair atau campuran keduanya yang karena suatu reaksi kimia dapat menghasilkan gas dalam jumlah dan tekanan yang besar disertai suhu tinggi sehingga dapat menimbulkan ledakan.

c.     Bahan reaktif terhadap air/asam, yaitu bahan kimia yang mudah bereaksi dengan air/asam disertai pengeluaran panas, gas yang mudah terbakar, dan disertai ledakan.

d.    Bahan beracun, yaitu bahan kimia yang dalam konsentrasi tertentu akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan terhadap manusia.

e.    Gas bertekanan, yaitu gas yang disimpan dalam tekanan tinggi baik gas yang ditekan, gas cair, atau gas yang dilarutkan dalam pelarut di bawah tekanan.

 

2.        Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

a.    Melakukan identifikasi kebutuhan bahan, klasifikasi bahan, dan perencanaan penyimpanan.

b.    Menetapkan tugas dan wewenang personel pengelola, pemakai, dan pengawas.

c.     Menetapkan persyaratan penyimpanan B3 dimana setiap jenis bahan memiliki syarat penyimpanan tertentu.

      Bahan beracun: ruangan dingin dan berventilasi, jauh dari sumber panas, terpisah dari bahan kimia lain yang reaktif, tersedia APD seperti masker, pakaian pelindung, sarung tangan, dll.

      Bahan korosif: ruangan dingin dan berventilasi, wadah tertutup dan berlabel, terpisah dari zat beracun, tersedia APD seperti sarung tangan, masker, kaca mata, dll.

      Bahan mudah meledak: ruangan dingin dan berventilasi, jauh dari sumber panas/api.

      Bahan oksidator: ruangan dingin dan berisik, jauh dari sumber api/panas, dan dilarang merokok.

      Bahan reaktif terhadap air: suhu ruangan dingin, kering dan berventilasi, bangunan kedap air, tersedia pemadam kebakaran (CO2, halon, bubuk kering).

      Bahan reaktif terhadap asam: ruangan dingin dan berventilasi, jauh dari sumber api dan panas, ruangan perlu dirancang agar tidak terbentuk kantong-kantong hidrogen akibat reaksi dengan asam sehingga dapat mudah terbakar.

      Gas bertekanan: Disimpan dalam keadaan tegak/berdiri dan terikat, ruangan dingin dan tidak terkena langsung sinar matahari, jauh dari api dan panas, jauh dari bahan korosif yang dapat merusak kran dan katup.

 

d.    Melakukan identifikasi substansi berbahaya di tempat kerja.

e.    Semua bahan kimia yang digunakan, yang akan digunakan, dan yang disimpan harus memiliki Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB).

f.     Seluruh instalasi listrik (lampu, sakelar, peralatan ventilasi, dan peralatan lain) harus kedap ledakan atau terlindung.

g.    Fasilitas harus dijaga kebersihannya dan harus ada alat untuk membersihkan mata atau tubuh dalam jarak 30 m.

h.    Kontainer harus diperiksa setelah diterima untuk memastikan isi, konsentrasi, dan kualitasnya memenuhi spesifikasi pembelian.

i.      Harus ada label yang dapat dibaca dan tahan lama pada seluruh kontainer.

j.      Penampung sekunder/palet harus tersedia untuk penyimpanan cairan berbahaya untuk mencegah terjadinya kontaminasi tanah dan air.

k.    Terdapat rambu peringatan yang dapat dilihat dengan jelas untuk sumber bahaya bahan kimia dan kebakaran.

l.      Material yang dapat menyala dan terbakar harus dipisahkan dari bahan pengoksidasi, reaktif, dst.

m.  Terdapat absorben material (penyerap) dan pembersih harus tersedia untuk digunakan apabila terjadi tumpahan atau ceceran.

n.    Harus dilakukan pemeriksaan rutin atas daerah penyimpanan untuk mengetahui apakah telah terjadi kebocoran, untuk mengetahui kondisi kontainer dan produk yang sudah kadaluwarsa.

o.    Daftar bahan kimia yang selalu diperbarui dalam inventaris.

p.    Bejana harus dilindungi dari sinar matahari langsung.

q.    Kontainer, drum atau dispenser, apabila sedang tidak digunakan, harus ditutup dengan tutup rapat.

 

Baca Juga:

Penjelasan Lengkap Prosedur Penguncian-Pelabelan / Log Out-Tag Out (LOTO)

Penjelasan Lengkap Penanganan Tumpahan dan Ceceran Limbah

Penjelasan Lengkap Aspek K3L (HSE) di Lingkungan Kantor

Penjelasan Lengkap Keselamatan Kerja Listrik

Penjelasan Lengkap Aspek K3L (HSE) Bekerja di Ketinggian

 


Demikian Artikel mengenai Penjelasan Lengkap Penanganan dan Penyimpanan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.