MASIGNASUKAv102
6998101287389560820

Macam-macam Dryer (Alamiah/Panas Matahari, Bahan Bakar dan Gabungan)

Macam-macam Dryer (Alamiah/Panas Matahari, Bahan Bakar dan Gabungan)
Add Comments
2/06/2017

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

(Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)

Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan Rahmat, Karunia, Taufik dan Hidayah-nya kepada kita semua sehingga kita masih dapat hidup di Dunia ini, serta semoga kita semua selalu mendapat Inayah dan Lindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 

Shalawat, Salam serta Taslim kepada sang Revolusioner Dunia, Junjungan Alam Nabi Besar Sayyidina Maulana Muhammad Shallawlahu ‘Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dari zaman Kegelapan dan Kebodohan menuju zaman Terang Benerang, sangat jelas perbedaan antara Hak dan Bathil serta penuh dengan Ilmu Pengetahuan seperti saat ini.

 

Pada Artikel ini kami akan menjelaskan tentang Macam-macam Dryer (Alamiah/Panas Matahari, Bahan Bakar dan Gabungan). Sebelum masuk ke Materi marilah kita membaca Ta‘awuz : أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ “A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim” dan Basmalah : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم “Bismillahirraahmanirrahiim” Agar Bacaan yang dibaca menjadi Berkah dan Bermanfaat. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ “Aamiin ya Rabbal'alamin” ...

 


A.   Pengeringan Alamiah Menggunakan Panas Matahari
Pengeringan hasil pertanian dengan menggunakan energi matahari biasanya dilakukan dengan menjemur bahan diatas alas jemuran atau lamporan, yaitu suatu permukaan yang luasnya dapat dibuat dari berbagai bahan padat. Sesuai dengan sistem dan peralatannya serta pertimbangan faktor ekonomis, alat jemur dapat dibuat dari anyaman tikar, anyaman bambu, lembaran seng, lantai batu bata atau lantai semen.
Pengeringan ini adalah pengeringan yang paling sederhana (dengan cara penjemuran). Penjemuran adalah usaha pembuangan atau penurunan kadar air suatu bahan untuk memperoleh tingkat kadar air yang cukup aman disimpan, yaitu yang tingkat kadar airnya seimbang dengan lingkungannya.

B.   Pengeringan Menggunakan Bahan Bakar
1.     Bahan bakar sebagai sumber panas (bahan bakar cair, padat,  listrik) misal : BBM, batu bara, limbah biomasa yaitu arang, kayu, sekam, serbuk gergaji dll.
2.     Pengeringan ini disebut juga dengan pengeringan mekanis
3.     Jenis-jenis pengeringan mekanis adalah Tray Dryer (Alat Pengering Berbentuk Rak)Rotary Dryer (Pengering Berputar), Spray Dryer (Pengering Semprot), Freeze Dryer (Pengering beku), Fluidized Bed Drying (Pengeringan Hamparan Terfluidisasi), Turbo Dryer(Menara pengering dengan Resirkulasi Internal Pemanas Gas).

Tray Dryer 
Tray Dryer )

Rotary Dryer
Rotary Dryer )

Spray Dryer
Spray Dryer )

Freeze Dryer
Freeze Dryer )

Fluidized Bed Drying
Fluidized Bed Drying )

Turbo Dryer
( Turbo Dryer )

C.   Pengeringan Gabungan
1.        Pengeringan gabungan adalah pengeringan dengan menggunakan energi sinar matahari dan bahan bakar minyak atau biomass yang menggunakan konveksi paksa (udara panas dikumpulkan dalam kolektor kemudian dihembus ke komoditi).
2.        Latar belakang : karena Temperatur lingkungan hanya sekitar 33 °C, sedangkan temperatur pengeringan untuk komoditi pertanian kebanyakan berkisar 60-70°C
3.        Oleh karena itu perlu ditingkatkan temperatur lingkungan dengan cara mengumpulkan udara dalam suatu kolektor surya dan menghembuskannya ke komoditi. (digunakan blower atau kipas angin ).
Contoh:
a.    Alat pengering energi surya tipe lorong
b.    Alat pengering energi surya-biomassa tipe lorong
c.    Alat pengering rumah asap
d.   Unit prosesing kakao/rumah pengering surya.


Baca Juga:


Demikian Artikel mengenai Macam-macam Dryer (Alamiah/Panas Matahari, Bahan Bakar dan Gabungan), kita akhiri dengan membaca Hamdallah : الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ “Alhamdulillahirabbil ’Alamin”.